Lewat Otto Hasibuan, Taipan Sjamsul Nursalim Yakin Tak Dihukum

Sosok pengusaha Sjamsul Nursalim yang pernah masuk deretan daftar orang terkaya di Indonesia selalu kontroversi sejak kasus BLBI mencuat tahun 2000

Lewat Otto Hasibuan, Taipan Sjamsul Nursalim Yakin Tak Dihukum
ISTIMEWA
Sjamsul Nursalim 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sosok pengusaha Sjamsul Nursalim yang pernah masuk deretan daftar orang terkaya di Indonesia selalu menjadi kontroversi sejak kasus dugaan penyalahgunaan dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) di awal tahun 2000-an mencuat.

Pasalnya Sjamsul yang dikenal sebagai pemilik PT Gajah Tunggal,  saat ini menetap bermukim di Singapura sejak 2001 saat mengajukan izin berobat ke Singapura.

Kuasa hukum Sjamsul Nursalim (SN), Maqdir Ismail, mengatakan, meski berada di Singapura, hingga saat ini Sjamsul Nursalim masih berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Maqdir mengatakan, kliennya juga menagih janji pemerintah untuk tidak diproses secara hukum ataupun diselidiki.

"Sepanjang yang saya tahu, beliau (SN) itu masih berstatus warga Indonesia," kata Maqdir di Grand Sahid Jaya, Rabu (19/6/2019).

Maqdir menyatakan, SN diketahui telah tinggal di Singapura sejak tahun 2001 dan sejak saat itu SN belum pernah kembali ke Indonesia karena faktor kesehatan.

KPK Tetapkan Orang Terkaya di Indonesia Tersangka Korupsi BLBI, Ini Profil Bisnis Sjamsul Nursalim

Selain itu, publik semestinya tidak mempermasalahkan tempat tinggal Sjamsul Nursalim

"Itu kan soal pilihan. Pilihan orang di mana dia mau tinggal. Kalau ditanya pengen pulang atau tidak dalam pembicaraan terakhir bahwa beliau itu pengen pulang. Tetapi yang jadi problem adalah apakah kepulangan itu akan baik atau tidak terhadap kesehatan," ucap dia.

Kuasa Hukum Sjamsul Nursalim Heran, Sudah 20 Tahun Kasus BLBI Tak Tuntas

Otto Hasibuan mengatakan, Sjamsul Nursalim jelas berada di Singapura. Bahkan, ia mengatakan akan kooperatif dengan KPK untuk memberitahukan tempat tinggal Sjamsul di Singapura.

"Dia ada jelas di Singapura. KPK juga tahu alamatnya jelas. Kalau kurang jelas kita bisa menolong. Dia tidak kemana-mana," kata Otto.

Halaman
123
Penulis: Romi Rinando
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved