UM Metro

Perdalam Ilmu Astronomi, Mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro Ikuti Praktikum Pengamatan Bulan

Manfaatkan momen bulan purnama di pertengahan bulan hijriyah, mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro ikuti praktikum pengamatan bulan.

Perdalam Ilmu Astronomi, Mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro Ikuti Praktikum Pengamatan Bulan
Ist
Perdalam Ilmu Astronomi, Mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro Ikuti Praktikum Pengamatan Bulan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Manfaatkan momen bulan purnama di pertengahan bulan hijriyah, mahasiswa Pendidikan Fisika UM Metro ikuti praktikum pengamatan bulan, Selasa (18/6/2019).

Pengamatan ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam di pelataran Masjid Ulul Albab Kampus I UM Metro.

Menurut keterangan yang didapat dari Alita Kusumastuti, asisten Lab Pendidikan Fisika UM Metro, pengamatan ini merupakan kegiatan praktikum mata kuliah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antarika (IPBA) yang diampu Riswanto, M.Pd.Si.

“Mata kuliah ini tentu menuntut mahasiswanya untuk mampu menguasai ilmu astronomi, salah satu cara untuk memperluas ilmu astronomi itu sendiri yakni dengan cara mengadakan pengamatan bulan secara langsung,” ujar Alita kepada Medium News, Kamis (20/6/2019).

Sementara itu, Riswanto, M.Pd.Si. memaparkan bahwa pengamatan ini menggunakan teropong dan teleskop digital yang ditopang dengan kamera HP untuk pengambilan gambar.

“Bulan memiliki delapan fase yaitu bulan baru, bulan sabit pertama, kuartil pertama, sabit kedua, purnama, bulan sabit ketiga, kuartil kedua, dan bulan sabit akhir. Dalam pengamatan ini digunakan teropong dan teleskop digital yang dibantu dengan kamera HP.

Jadi mahasiswa diharapkan memahami cara penggunaannya dengan baik. Karena langit malam itu cukup cerah, jadi lebih mudah untuk melakukan pengamatan,” papar Riswanto, M.Pd.Si. 

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved