Lampung Masuk Nominasi Ibu Kota Negara, Lampung Timur Lokasi Terbaik

Provinsi Lampung menjadi satu dari empat daerah yang menjadi calon kuat Ibu Kota Republik Indonesia (RI).

Lampung Masuk Nominasi Ibu Kota Negara, Lampung Timur Lokasi Terbaik
Tribunnews
DIALOG - Perwakilan dari tim infrastruktur kemaritiman Provinsi Lampung Ginta Wiryasenjaya (dua kiri) menghadiri dialog dengan Bappenas terkait pemilihan lokasi ibu kota negara, di Jakarta, Rabu (26/6). 

Lampung Masuk Nominasi Ibu Kota Negara, Lampung Timur Lokasi Terbaik

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Provinsi Lampung menjadi satu dari empat daerah yang menjadi calon kuat Ibu Kota Republik Indonesia (RI).

Hal ini terungkap dalam Dialog Nasional tentang Pemindahan Ibu kota Negara yang diselenggarakan Badan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Rabu (26/6).

Selain Lampung, nominasi lainnya yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Dalam dialog tersebut dipaparkan beberapa kriteria lokasi ibu kota. Di antaranya, aman dari cincin api, memiliki akses ke pelabuhan, ketersediaan sumber daya air, pembiayaan infrastruktur rendah, dominasi kepemilikan lahan oleh pemerintah.

Kriteria lainnya yaitu, dekat dengan ibu kota yang sudah berkembang, budaya terbuka terhadap pendatang, memiliki paramater hankam. Hadir langsung dalam dialog tersebut perwakilan dari tim infrastruktur kemaritiman Provinsi Lampung, Ginta Wiryasenjaya.

Menurutnya, ada sejumlah hal yang dipaparkan terkait pemindahan ibu kota negara ini.

Mulai dari perekonomian, pertahanan, dan lingkungan hidup. Salah satu hal menarik yang juga menjadi perhatian yakni soal lahan.

Lahan ibu kota negara itu bukanlah gambut.

Tim Relawan: Lampung Lebih Layak Jadi Ibu Kota Negara

Penduduk Kalimantan Tengah Bertambah 6 Juta Orang Jika Palangkaraya Jadi Ibu Kota RI

"Provinsi Lampung sangat cocok dengan kriteria itu, karena lahan di Lampung bukan gambut. Sementara di Kalimantan itu kan rata-rata lahan gambut, sehingga mereka lebih punya risiko kebakaran hutan,” jelas Ginta.

Halaman
1234
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved