Tribun Pesisir Barat

Bupati Pesisir Barat Meresmikan UPT Puskesmas Krui di Pesisir Tengah dan Bagikan KIS

Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H. Agus Istiqlal, SH.,MH menghadiri sekaligus meresmikan UPT Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat.

Bupati Pesisir Barat Meresmikan UPT Puskesmas Krui di Pesisir Tengah dan Bagikan KIS
TribunLampung/Istimewa
upati Pesisir Barat DR.Drs.H. Agus Istiqlal, SH.,MH menghadiri sekaligus meresmikan Upt Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Selasa 25 Juni 2019. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT - Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H. Agus Istiqlal, SH.,MH menghadiri sekaligus meresmikan Upt Puskesmas Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Selasa 25 Juni 2019.

Peresmian Upt Puskesmas Krui dihadiri Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, Sp.,MH, Ketua Komisi 3 DPRD Pesisir Barat, unsur Forkopinda, pejabat tinggi pratama, administrator, Camat Pesisir Tengah, Kepala Upt Puskesmas se Kabupaten Pesisir Barat, Direktur RSUD KH Muhammad Tohir, Kepala BPJS Krui Cabang Kota Bumi, Peratin Se – Kabupaten Pesisir Barat, dan masyarakat penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tedi Zadmiko, SKM, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Puskesmas Krui merupakan Puskesmas rawat inap pertama kali yang ada di Krui.

Puskesmas ini melayani 26 Pekon dan 2 Kelurahan yang hingga saat ini dikenal masyarakat sebagai Rumah Sakit Krui yang sebenarnya bukanlah rumah sakit.

Puskesmas Krui dibangun tahun 2018 di atas tanah seluas +- 6000 m pesegi melalui anggaran DAK FISIK bidang kesehatan tahun 2018.

Dilaporkan pula Plt Kadis Kesehatan bahwa pihaknya akan membagikan Kartu KIS PBI Daerah Kabupaten Pesisir Barat Tahun Anggaran 2019 yang berjumlah 21.676 Kartu yang dibayarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat.

Selanjutnya Bupati Pesisir Barat DR.Drs.H.Agus Istiqlal, SH.MH menyampaikan bahwa puskesmas adalah organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat di samping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok dan merupakan unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerja setempat.

Pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas merupakan pelayanan yang menyeluruh yang meliputi pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan). pelayanan tersebut ditujukan kepada semua penduduk dengan tidak membedakan jenis kelamin dan golongan umur.

Bupati juga menjelaskan kepada semua pihak bahwa Puskesmas juga mempunyai peran yang sangat vital sebagai institusi pelaksana teknis, dituntut memiliki kemampuan manajerial dan wawasan jauh ke depan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Dengan telah dibangunnya gedung upt puskesmas krui ini diharapkan mampu melayani masyarakat di wilayah kerjanya dengan baik untuk bisa menganyomi, membimbing dan mengarahkan masyarakat mengenai betapa pentingnya memelihara kesehatan sejak dini sebab suatu penyakit dianjurkan lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Selanjutnya bupati juga menghimbau kepada seluruh petugas, baik dari tenaga administrasi sampai ke tenaga medis yang berada di kabupaten pesisir barat untuk berkelakuan baik, sopan, ramah dalam bertutur kata, fungsikan diri sebagai pelayan bukan sebagai raja. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved