Universitas Lampung

Komisi Yudisial-FH Unila Bersinergi Dorong Peradilan Bersih

Dalam menjaga martabat dan mengoptimalkan fungsi pengawasan hakim, Komisi Yudisial harus bersinergi dengan masyarakat untuk melakukan fungsi tersebut.

Komisi Yudisial-FH Unila Bersinergi Dorong Peradilan Bersih
Ist
Komisi Yudisial-FH Unila Bersinergi Dorong Peradilan Bersih 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Dalam menjaga martabat dan mengoptimalkan fungsi pengawasan hakim, Komisi Yudisial harus bersinergi dengan masyarakat untuk melakukan fungsi tersebut.

Hal ini disampaikan langsung Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial RI Tubagus Rismunandar Ruhijat pada pembukaan workshop bertajuk “Peran Komisi Yudisial dan Masyarakat dalam Meningkatkan Efektifitas Pengawasan Perilaku Hakim”.

Kegiatan berlangsung di Auditorium Prof. Abdul Kadir Muhammad, SH., Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila), Rabu (26/6/2019).

“Salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan Komisi Yudisial adalah yang bersifat represif yaitu kegiatan penerimaan laporan masyarakat yang berperan penting dalam menjaga dan menegakkan martabat hakim,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, selain membangun sinergi antara Komisi Yudisial dan masyarakat dalam mendorong peradilan bersih, tujuan diadakan workshop adalah meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pelanggaran kode etik, dan pedoman perilaku hakim yang dapat dilakukan masyarakat ke Komisi Yudisial.

Dekan FH Unila Prof. Maroni mangungkapkan, sinergitas dan peran serta masyarakat dalam pengawasan terhadap perilaku hakim dapat membantu Komisi Yudisial mewujudkan check and balance dalam fungsinya terkait kekuasaan kehakiman berdasarkan UUD 1945.

“Semoga dengan workshop dan adanya sinergitas antara Komisi Yudisial dan masyarakat, dapat mewujudkan keberadan peradilan yang independen, bersih, yang menjadi cita-cita kita,” katanya.

Turut hadir Anggota Komisi Yudisial RI Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Sukam Violetta, S.H., LL.M .,selaku narasumber workshop. Kegiatan diikuti 50 peserta yang terdiri dari perwakilan masyarakat, NGO, instansi pemerintah, mahasiwa, dan media.

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved