Tribun Tanggamus

7 Kelompok Petambak yang Terkena Dampak Banjir Akan Terima Bantuan Bibit Bandeng

Dinas Perikanan Tanggamus rencanakan pemberian bantuan bibit ikan bandeng pada kelompok pembudidaya ikan bandeng yang terkena dampak banjir 2018 lalu.

7 Kelompok Petambak yang Terkena Dampak Banjir Akan Terima Bantuan Bibit Bandeng
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi - Pedagang menunjukkan ikan bandeng khas Imlek yang siap dijual di Pasar Rawa Belong, Jakarta, Jumat, (5/2/2016). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Dinas Perikanan Tanggamus rencanakan pemberian bantuan bibit ikan bandeng pada kelompok pembudidaya ikan bandeng yang terkena dampak banjir 2018 lalu.

Menurut Kabid Perikanan Budi Daya Sigit Bayu Pramono mewakili Kepala Dinas Perikanan Tanggamus, Edi Narimo, bantuan rencananya direalisasikan pada 2020 mendatang. Namun itu disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

"Rencananya bantuan diarahkan lima kelompok yang ada di Pekon Karang Anyar, Kecamatan Wonosobo, dan dua kelompok di Pekon Karang Rejo, Kec. Semaka. Semuanya benih ikan bandeng," ujar Sigit.

Ia mengaku untuk realisasi bantuan tersebut dari APBD 2020. Sedangkan jumlahnya masih dalam pembahasan. Namun pastinya itu sebagai bantuan, bentuk kepedulian pihak daerah ke petambak yang terkena musibah banjir.

Lokasi tambak di kedua kecamatan tersebut memang selama ini rawan terkena banjir saat musim hujan. Hal itu disebabkan meningkatnya volume air sungai Way Semaka, dan beberapa sungai kecil lainnya yang bermuara ke kedua kecamatan tersebut.

Untuk itu harapannya petambak di sana bisa menentukan waktu produksi. Supaya saat memasuki musim hujan tidak ada lagi ikan yang dibudidayakan. Tujuannya menghindari kerugian. Sebab setiap tahun lokasi tersebut pasti terkena banjir.

Sementara untuk tahun ini Dinas Perikanan menjalankan program peningkatan produksi ikan air tawar. Teknisnya kelompok pembudidaya ikan akan menerima bantuan benih ikan, sarana dan prasarana budidaya.

"Nilai bantuan totalnya Rp 400 juta berasal dari DAK Kementerian Kelautan dan Perikanan," terang Sigit.

Rencana bantuan disalurkan kelima kecamatan yang selama ini sudah ada kelompok pembudidaya ikan tawar, yakni di Kec. Sumber Rejo, Air Naningan, Gunung Alip, Pugung, Pulau Panggung. Bantuan yang diberikan adalah bagi kelompok pembudidaya bukan perorangan. Dan sebelumnya telah kirimkan proposal.

"Ada delapan kelompok di lima kecamatan itu, jenis bantuannya berbeda disesuaikan budidaya ikan dan potensinya," ujar Sigit.

Ia mencontohkan untuk kelompok di Kec Sumber Rejo diberi benih ikan gurame. Lalu kelompok di Kec. Air Naningan, Pulau Panggung dan Pugung diberi benih ikan lele. Ada juga bantuan berbentuk bina padi atau caren, yakni sawah yang dipinggirnya diberi benih ikan, itu untuk wilayah Pugung.

(Tribunlampung.co.id/Tri Yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved