Massa FSBMM Demo Minta Aktifis Buruh Dibebaskan, Karyawan BMI Gelar Doa Bersama

PT. Bumi Menara Internusa (BMI) Lampung membantah ada kriminalisasi yang dilakukan perusahaan terhadap Reni Desmiria mantan karyawan PT BMI.

Massa FSBMM Demo Minta Aktifis Buruh Dibebaskan, Karyawan BMI Gelar Doa Bersama
istimewa
Massa FSBMM Demo Minta Aktifis Buruh Dibebaskan, Karyawan BMI Gelar Doa Bersama 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – PT Bumi Menara Internusa (BMI) Lampung membantah ada kriminalisasi yang dilakukan perusahaan terhadap Reni Desmiria mantan karyawan PT BMI, yang terjerat kasus dugaan pengunaan ijazah palsu, saat bekerja.

Pimpinan PT BMI Herman Kustiawan mengatakan,perusahaan  hanya menjalankan prosedur hukum sebagaimana diingikan Reni Desmiri, yang mengakui menggunakan ijazah saat bekerja di PT BMI. “Sebenarnya pihak perusahaan sudah membuka komunikasi dengan pihak keluarga Reni. Tapi saat itu tidak ada feedback dari keluarga,” kata Herman melalui rilisnya, kepada tribun, Kamis (4/7/2019).

BERITA FOTO - Massa FSBM Unjuk Rasa Tuntut Pembebasan Aktifis Buruh Reni Desmiria

 Dia menjelaskan, pada tanggal 28 Juni 2019, pihak perusahaan sudah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga Reni,  namun yang bersangkutan Reni tetap ingin diputus kerja dan meminta proses hukum terhadapnya  berjalan sesuai aturan.

“Dalam pertemuan itu terjadi perundingan agar perusahaan mencabut tuntutan hukum atas RD. Dan, dalam hal ini perusahaan tidak keberatan. Kami katakan bisa, tapi ternyata kasus sudah dilimpahkan ke kejaksaan jadi tidak bisa dicabut, tapi nanti kita akan komunikasi lagi untuk meringankan," janji Herman.

Diketahui Massa yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBM) yang dipimpin , Ketua SPBMI Apriyanto menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor DPRD Provinsi Lampung, Kamis (4/7/2019).

Aksi ini merupakan solidaritas menuntut pembebasan salah satu aktifis buruh Reni Desmiria yang telah dipidanakan pihak manajemen dengan tuduhan kasus pemalsuan ijasah delapan tahun lalu.

Kantongi Restu Hasriadi, Irwan Syukri Banuwa Siap Maju Pilrek Unila

Sebelum beraksi di pemrov massa juga melakukan aksi di depan kantor PT BMI di Jalan Ir. Sutami, Desa Lematang, Tanjungbintang, Lampung Selatan. Massa yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBMM) berkumpul di depan gerbang pabrik.

Misinya mereka menuntut pengangkatan pekerja tetap karyawan PT BMI, dan juga meminta perusahaan mencabut tuntutan terhadap rekan mereka, Reni yang tersangkut masalah hukum.

Massa menuding perusahaan mengkriminalisasi Reni yang dinilai menyuarakan aspirasi pekerja, karena memperjuangkan buruh untuk menjadi karyawan tetap.

Aksi demo FSBM  juga ditandiingi dengan kegiatan doa bersama yang dilakukan pekerja PT BMI yang pro perusahaan. Mereka menggelar doa bersama, yang dihadiri pihak Camat Tanjungbintang. (sumber tribunlampung)

Penulis: Romi Rinando
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved