FEB UM Metro Gelar Pembekalan KKN Profesi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro menggelar pembekalan KKN Profesi bagi ratusan mahasiswa.

FEB UM Metro Gelar Pembekalan KKN Profesi
Istimewa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro menggelar pembekalan KKN Profesi bagi ratusan mahasiswa di Aula Gedung E kampus setempat, Kamis (4/7/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro menggelar pembekalan KKN Profesi bagi ratusan mahasiswa. Acara berlangsung di Aula Gedung E kampus setempat, Kamis (4/7/2019).

Wakil Dekan I FEB UM Metro Ratmono yang hadir mewakili Dekan FEB menyebut Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi merupakan KKN disiplin ilmu dan juga kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti mahasiswa FEB UM Metro.

“KKN Profesi adalah kegiatan intrakurikuler yaitu kurikulum wajib yang harus diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro,” jelasnya.

“KKN Profesi juga bisa diibaratkan pembelajaran di lapangan. Selama di lapangan (lokasi KKN) mahasiswa dituntut mengidenfikasi masalah-masalah yang ditemukan kemudian mahasiswa harus mampu menyelesaikannya,” imbuh WD I FEB UM Metro itu.

Selain itu, saat penyampaian arahan, penentuan lokasi bagi mahasiswa KKN Profesi di lingkungan fakultasnya sepenuhnya diserahkan kepada mahasiswa, tujuannya untuk menguji kemandirian.

Tidak lupa, ia juga menitipkan pesan kepada calon mahasiswa KKN Profesi FEB UM Metro supaya menerapkan Catur Darma Perguruan Tinggi, yang di dalamnya mengandung pengembangan ilmu pengetahuan, pengabdian masyarakat, penelitian dan penguatan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Rektor UM Metro Siap Wujudkan Lampung Berjaya

Mahasiswa PLP FKIP UM Metro Gagas Desa Wisata Bahasa

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I UM Metro Bidang Akademik Agus Sujarwanta memberikan materi Konsep Dasar Kuliah Kerja Nyata.

“KKN sebetulnya pembelajaran di dalam dan di ruang kelas. Tujuannya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki standar, seperti cakap dalam bersikap, cakap secara pengetahuan dan keterampilan,” terang Agus kepada calon mahasiswa KKN Profesi.

Tiga standar lulusan yang disebutkan, menurut Agus, tidak semuanya dibentuk di ruang kelas.

Oleh sebab itu, mahasiswa FEB UM Metro harus mengikuti program KKN Profesi.

Ia juga sempat mencontohkan perihal bersikap di lokasi penempatan KKN.

“Bagaimana bersikap dalam berpakaian, sebagai mahasiswa UM Metro tentu anda harus berbusana yang menggambarkan citra UM Metro,” tegasnya.

Diketahui, ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Metro yang mengikuti program KKN Profesi tahun 2019 secara umum ditempatkan di unit-unit atau lembaga usaha dan keuangan yang tersebar di Provinsi Lampung.

Sementara mahasiswa KKN Profesi FEB UM Metro akan diberangkatkan ke lokasi masing-masing pada 12 Juli 2019, hingga jadwal penarikan yang jatuh pada pertengahan September 2019. (*)

Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved