Pesan Rektor UM Metro untuk Mahasiswa PLP II Terpadu

Rektor UM Metro Jazim Ahmad menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan para peserta program PLP II Terpadu yang akan diterjunkan ke lokasi.

Pesan Rektor UM Metro untuk Mahasiswa PLP II Terpadu
Istimewa
Pelepasan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II Terpadu di aula Gedung E Kampus I Universitas Muhammadiyah Metro, Jumat (5/7/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Aula Gedung E Kampus I Universitas Muhammadiyah Metro dipenuhi ratusan mahasiswa yang mengikuti upacara pelepasan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II Terpadu, Jumat (5/7/2019).

Rektor UM Metro Jazim Ahmad menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan para peserta program PLP II Terpadu yang akan diterjunkan ke lokasi pengabdian, baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat.

“Untuk menghadapi PLP II Terpadu, tentunya adik-adik mahasiswa membutuhkan bekal, seperti materi pembelajaran yang harus dikuasai, berbagai metode pembelajaran harus mampu diaplikasikan. Selain itu, yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah mental,” kata Jazim Ahmad.

Sebagai rektor yang sudah puluhan tahun mengabdikan diri sebagai dosen di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Metro, Jazim Ahmad sangat mengerti kebutuhan mahasiswanya.

Jazim juga menyampaikan, tantangan yang akan dihadapi selama Program PLP II Terpadu bukan hanya saat praktik mengajar di ruang kelas.

Mahasiswa UM Metro dituntut mampu berbaur dengan masyarakat sekitar.

“Jalinlah komunikasi baik dengan guru, siswa, dan pimpinan yang ada di sekolah. Saat berada di masyarakat, bersikaplah santun, jaga nama baik UM Metro, dan bersilaturahmilah dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah, Pimpinan Cabang Muhammadiyah sesuai lokasi penempatan masing-masing,” imbuhnya.

Rektor UM Metro Lepas Dosen dan Karyawan Berangkat Haji

FEB UM Metro Gelar Pembekalan KKN Profesi

Pelepasan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II Terpadu di aula Gedung E Kampus I Universitas Muhammadiyah Metro, Jumat (5/7/2019).
Pelepasan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II Terpadu di aula Gedung E Kampus I Universitas Muhammadiyah Metro, Jumat (5/7/2019). (Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ketua PLP II Terpadu Nego Linuhung menyampaikan jumlah dan lokasi persebaran mahasiswa.

“Perlu saya sampaikan mahasiswa yang mengikuti PLP II Terpadu ini berjumlah 315 orang. Berasal dari 8 program studi di FKIP UM Metro dan tersebar di 27 sekolah menengah yang ada di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Kota Metro,” kata Nego.

“Sementara lokasi pengabdian masyarakat berada di empat distrik. Yakni di Pekalongan, Lampung Timur dengan pengembangan budi daya ikan, pengembangan desa wisata di Kelurahan Purwosari, sayuran organik di Kelurahan Karangrejo, dan Kampung Wisata Bahasa di Batanghari, Lampung Timur,” bebernya.

Upacara pelepasan mahasiswa PLP II dihadiri beberapa pejabat, seperti Rektor UM Metro, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Metro, dan perwakilan UPTD Dikmendiksus Wilayah II (Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Metro. (*)

Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved