Public Service

Hak Perwalian Anak Bila Ibu Tak Punya Penghasilan

Siapakah yang lebih berhak mendapatkan perwalian atas kedua anak tersebut? Sementara pada sisi lain sang ibu sama sekali tidak punya penghasilan.

Hak Perwalian Anak Bila Ibu Tak Punya Penghasilan
net
Hak Asuh anak dalam perceraian

Hak Perwalian Anak Bila Ibu Tak Punya Penghasilan

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth Akademisi dan Praktisi Hukum. Saya punya teman yang berniat cerai dengan istrinya. Sebelum gugatan si teman bersama istrinya punya dua anak. Anak pertama usia 8 tahun, sementara yang kedua usia 5 tahun.

Sanksi Jual Pil PCC Tanpa Resep Dokter

Siapakah yang lebih berhak mendapatkan perwalian atas kedua anak tersebut? Sementara pada sisi lain sang ibu sama sekali tidak punya penghasilan. Terimakasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285769500xxx

Di Bawah Umur Tetap Jatuh ke Ibu

Putusnya sebuah ikatan perkawinan akan berdampak pada hak asuh anak jika suami isteri tersebut bercerai dengan memiliki beban dan tanggung jawab anak.

Di dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Pasal 45 ayat (2) dijelaskan bahwa orangtua berkewajiban memelihara dan mendidik anak sebaik-baiknya sampai anak itu kawin atau dapat berdiri sendiri, dan kewajiban itu berlaku terus meskipun perkawinan antara kedua orang tua putus.

Melawan Perampok karena Membela Diri

Terkait hak asuh anak baik yang beragama Muslim maupun Non-muslim, hak asuh anak di bawah umur 12 tahun pasca putusnya perkawinan tetap jatuh kepada ibunya.

Bagi yang beragama Islam (Muslim) diatur dalam Pasal 105 Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang menjelaskan bahwa dalam hal terjadinya perceraian, a. Pemeliharaan anak yang belum mumayyiz atau belum berumur 12 tahun adalah hak ibunya; b. Pemeliharaan anak yang sudah mumayyiz diserahkan kepada anak untuk memilih di antara ayah, atau ibunya sebagai pemegang hak pemeliharaanya; dan c. biaya pemeliharaan ditanggung oleh ayahnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved