Tribun Pruingsewu

Kembalikan Dana Kerugian, Oknum Kakon Terbukti Markup di Pringsewu Sudah Diberikan Sanksi Teguran

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengungkapkan, oknum Kepala Pekon Sukaratu yang terbukti merugikan keuangan negara melalui dana desa telah diberi sanksi.

Kembalikan Dana Kerugian, Oknum Kakon Terbukti Markup di Pringsewu Sudah Diberikan Sanksi Teguran
TribunLampung/Robertus Didik
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menemui perwakilan pendemo 

Laporan Reporter Tribun Lampung Robertus Didik

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengungkapkan bahwa oknum Kepala Pekon Sukaratu yang telah terbukti merugikan keuangan negara melalui dana desa telah diberikan sanksi.

Sanksi diberikan Bupati Pringsewu melalu Camat Pagelaran.

"Sanksi mengikuti hasil dari kejaksaan, menegur supaya sesuai dengan peraturan berlaku," ungkap Fauzi saat menemui perwakilan warga yang aksi damai menuntut pemberhentian kepala Pekon Sukaratu, Senin (8/7/2019).

Selain itu, lanjut dia, sanksi teguran diberikan supaya kepala pekon tidak melanggar rambu-rambu penggunaan dana desa (DD).

Fauzi membenarkan dari hasil laporan Inspektorat, uang yang menjadi kerugian negara itu telah dikembalikan per 13 Desember 2018 lalu.

Menurut dia, memang sesuai ketentuannya, bila ditemukan pelanggaran yang dilakukan baru sekali itu penanganannya dengan pembinaan.

Kecuali, kata dia, perbuatan tersebut dilaksankan berulang-ulang. Kepala pekon/desa terbukti mark up Dana Desa, sejumlah warga di Kabupaten Pringsewu beramai-ramai mendatangi Pemkab Pringsewu melakukan aksi damai, Senin (8/7/2019).

Mereka meminta kepala desanya diberhentikan dari jabatannya. Yakni Desa/Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu.

Terbukti Markup Dana Desa Tapi Tak Dapat Sanksi, Warga Demo Kepala Pekon di Pringsewu Diberhentikan

"Kami tidak mau dipimpin kepala desa yang seperti itu (terindikasi melakukan praktik korupsi)," ungkap Koordinator Aksi Warga Desa Sukaratu Edwin, Senin.

Halaman
12
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved