Tribun Lampung Selatan

Rumah Baca Sahabat Ceria Hadir di Desa Sukamulya, Anak-anak Bisa Baca Buku Gratis di Sini

Sebuah rumah baca yang digagas penggiat literasi kembali hadir untuk memudahkan masyarakat

Rumah Baca Sahabat Ceria Hadir di Desa Sukamulya, Anak-anak Bisa Baca Buku Gratis di Sini
Tribunlampung.co.id/Dedi
Rumah baca Sahabat Ceria digagas oleh Danang Marhaens 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Meski kurang mendapatkan dukungan dari pemerintah kabupaten Lampung Selatan, para penggiat literasi di kabupaten Lampung Selatan terus menunjukan eksistensinya.

Sebuah rumah baca yang digagas penggiat literasi kembali hadir untuk memudahkan masyarakat, khususnya anak-anak bisa mengakses buku bacaan. Kali ini rumah baca ini hadir di desa Sukamulya kecamatan Palas.

Rumah baca “Sahabat Ceria” ini digagas oleh Danang Marhaens. Kehadiran rumah baca ini diharapkan akan memudahkan anak-anak di desa Sukamulya dalam mengakses buku bacaan.

“Selama ini saya melihat minat baca anak kurang. Ini bukan karena anak-anak tidak ingin membaca buku. Tetapi akses mereka terhadap buku bacaan sangat terbatas,” terang Danang, minggu (7/7).

Karenanya ia pun menggagas untuk membuat rumah baca yang bisa memberikan fasilitas buku bacaan gratis bagi anak-anak. Rumah baca ini tidak hanya untuk tempat anak-anak membaca, juga bisa digunakan untuk belajar bersama.

“Harapannya dengan bisanya anak-anak ini mengakses buku bacaan, akan meningkatkan minat baca mereka. Tidak lagi anak-anak ini hanya bermain, terutama bermain game pada handphone,” ujar Danang.

Kehadiran rumah baca Sahabat Ceria di desa Sukamulya kecamatan Palas ini mendapatkan dukungan dari penggiat literasi lainnya di kabupaten Lampung Selatan. Kelompok penggiat literasi dari Perahu Pustaka Bakauheni pun memberikan sumbangan buku bacaan kepada rumah baca yang dirintis Danang Marhaens ini.

“Kita menyambut baik hadirnya rumah baca ini. Karena dengan semakin banyaknya masyarakat yang perduli akan literasi, tentu bisa mengembangkan dan meningkatkan minat baca anak-anak di kabupaten Lampung Selatan,” kata Ardiyanto dari Perahu Pustaka.

(Tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved