Um Metro

UAS Perdana, Dosen Pendidikan Biologi Tertibkan Puluhan Smartphone Mahasiswa

fakultas dan program studi di lingkungan Universitas Muhammadiyah (UM) Metro serentak adakan Ujian Akhir Semester (UAS).

UAS Perdana, Dosen Pendidikan Biologi Tertibkan Puluhan Smartphone Mahasiswa
Ist
UAS Perdana, Dosen Pendidikan Biologi Tertibkan Puluhan Smartphone Mahasiswa 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Sehubungan dengan berakhirnya semester genap pada tahun ajaran 2018/2019, fakultas dan program studi di lingkungan Universitas Muhammadiyah (UM) Metro serentak adakan Ujian Akhir Semester (UAS).

Berkaitan dengan itu, Rasuane Noor, S.Si., M.Sc., salah satu dosen di Pendidikan Biologi UM Metro tidak ingin puluhan mahasiswa yang sedang dievaluasi capaian kompetensinya itu berbuat curang atau melakukan hal-hal yang kurang terpuji.

“Hari ini adalah Ujian Akhir Semester Genap 2018/2019. Hari pertama untuk FKIP UM Metro, termasuk juga Prodi Pendidikan Biologi.”

“Saya selaku dosen dan sekaligus sebagai pengawas selalu memotivasi untuk selalu bertindak jujur setiap saat termasuk dalam ujian. Akan tetapi masih selalu ditemukan yang tidak jujur. Salah satunya dalam mengerjakan soal saat ujian,” ungkapnya.

Meminimalisir terjadi kecurangan sekaligus menerapkan kedisiplinan terhadap mahasiswanya, ia bertindak tegas dengan cara menertibkan puluhan smartphone milik peserta UAS. Alasannya karena smartphone disinyalir bisa dijadikan alat untuk melakukan tindakan kurang terpuji pada saat UAS.  

“Sekarang di era digital mahasiswa mudah sekali mencontek jawaban dan tugas atau karya orang lain. Untuk mengurangi tindakan mencontek itu saya mengumpulkan gadget mereka di depan kelas,” terangnya.

Alasan lain dari model pengawasan UAS yang diterapkan oleh dosen Pendidikan BiologI ini ialah untuk mengcover keterbatasan pengawas saat mengawasi mahasiswa UAS dengan jumlah dalam satu ruangan bisa mencapai 40 (empat puluh) orang.

Selain itu, dibalik ini semua menurutnya tentu untuk melatih mahasiswa bersikap jujur dan lebih mempersiapkan Ujian Akhir Semester dengan cara meningkatkan intensitas belajar. Dengan begitu, mahasiswa akan percaya diri terhadap kompetensi yang sudah dikuasainya tanpa harus melakukan hal mencontek. 

Di fakultas yang lain juga demikian, beberapa dosen atau pengawas UAS menginformasikan melalui grup layanan informasi yang dikelola humas UM Metro, bahwa kegiatan UAS diupayakan berjalan tertib.

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved