UM Metro

Dosen FEB UM Metro Raih Legalitas Akuntan Publik dari IAPI

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Raih Legalitas Akuntan Publik dari Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI)

Dosen FEB UM Metro Raih Legalitas Akuntan Publik dari IAPI
Ist
Dosen FEB UM Metro Raih Legalitas Akuntan Publik dari IAPI 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO – Dalam upaya berkontribusi aktif mengembangkan Universitas Muhammadiyah Metro, usaha-usaha meningkatkan keahlian atau keterampilan dari setiap individu baik dosen maupun karyawan sudah menjadi keharusan.

Begitu juga dengan salah satu dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Metro yang terus bergeliat meningkatkan keahlian sesuai keprofesiannya.

Nedi Hendri, S.E., M.Si., Akt. CA., resmi mendapat izin menjadi anggota akuntan publik sesuai sertifikat keprofesian No: P-000112 yang dikeluarkan oleh Institusi Akuntan Publik Indonesia (IAPI), di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Dosen FEB UM Metro Raih Legalitas Akuntan Publik dari IAPI
Dosen FEB UM Metro Raih Legalitas Akuntan Publik dari IAPI (Ist)

Menurut pengakuannya, sebelum mendapat sertifikat resmi menjadi akuntan publik, dirinya banyak melalui tahapan ujian yang sudah menjadi ketentuan dari IAPI.

“Ujian Profesi Akuntan Publik yang juga disebut CPA of Indonesia Exam diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) berdasarkan UU RI Nomor 5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik dalam rangka untuk meyakinkan ketersediaan sumber daya manusia profesi Akuntan Publik yang memiliki kompetensi dan keahlian profesional yang dilandasi nilai-nilai, etika dan perilaku profesional sesuai standar internasional,” ujar Nedi Hendri.

Mengenai tahapan ujian, dosen FEB itu membeberkan bahwa ada tiga tingkat ujian profesi akuntan publik, yaitu: Ujian Tingkat Dasar, Ujian Tingkat Profesional dan Ujian penilaian kompetensi rekan perikatan audit.

Menurut Nedi, pemegang sertifikat tertentu dari IAPI berhak mendapatkan ASEAN Chartered Professional Accountant (ACPA) sesuai ketentuan yang berlaku dalam Mutual Recognition Arrangement - ASEAN Economic Community.

Tidak hanya itu, setelah lulus dan diakui menjadi anggota Akuntan Publik, jika ingin mendirikan Kantor Akuntan Publik (KAP), dirinya harus bisa mencapai target sebanyak 300 jam pengalaman audit dengan tenggat waktu 5 (lima) tahun.

Mendengar prestasi yang diraih oleh Nedi Hendri, dosen di lingkungan UM Metro dan kolega turut mengapresiasi, berbagai ucapan selamat datang silih berganti mengiringi do’a dan harapan yang terbaik untuk Nedi Hendri dan UM Metro sebagai lembaga perguruan tinggi dimana ia mengabdikan diri.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved