Tribun Lampung Selatan

Lampung Selatan Godok Perbup Penanganan Penyakit TB Baru dan HIV

Dinas Kesehatan Lampung Selatan segera menyusun payung hukum peraturan bupati penanganan penyakit tubercolosis (TB Paru) dan HIV

Lampung Selatan Godok Perbup Penanganan Penyakit TB Baru dan HIV
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Pemerintah Daerah Lampung Selatan melalui dinas kesehatan segera menyusun payung hukum peraturan bupati (perbup) penanganan penyakit tubercolosis (TB Paru) dan HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Kabid Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Lampung Selatan Kristi Endarwati menjelaskan, perbup rencananya akan diajukan pada tahun 2019 ini.

“Ini sesuai dengan arahan dari pimpinan,” katanya, Rabu (10/7/2019).

Ia menambahkan, usulan baru sebatas Perbup karena usulan peraturan daerah (Perda) program tahun 2020 sudah masuk melalui e-planning.

Pusat Bangun Rusunawa Bagi Warga Berpenghasilan Rendah di Lampung Selatan

Untuk perda, ada tahapan seperti kajian dan penyusunan naskah akademik, proses pembahasan bersama dengan DPRD.

“Sedangkan untuk perbup bisa lebih cepat prosesnya".

"Kecuali nanti kita lihat, kalau memang masih memungkinkan untuk menambah usulan, akan kita usulkan untuk perda penanganan penyakit TB paru danb HIV,” ujar Kristi.

Rudi Hartono dari TB Care Aisiyah Lampung Selatan mengapresiasi rencana digodoknya perbup tentang penanganan penyakit TB paru dan HIV oleh pemerintah kabupaten Lampung Selatan.

 Menurutnya, adanya payung hukum perbup akan memberikan dasar kuat untuk dinas kesehatan melakukan program-program penanganan kasus TB. (*)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved