Tribun Lampung Selatan

Dinas Perikanan akan Usulkan Pembangunan TPI Way Muli Timur yang Terkena Dampak Tsunami Lewat APPD

Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan akan mengusulkan pembangunan TPI (tempat pelelangan ikan) di Desa Way Muli Timur.

Dinas Perikanan akan Usulkan Pembangunan TPI Way Muli Timur yang Terkena Dampak Tsunami Lewat APPD
Tribun Lampung/Dedi Sutomo
Kepala Dinas Perikanan Lampung Selatan Meizar Melanesia 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Dinas Perikanan Kabupaten Lampung Selatan akan mengusulkan pembangunan TPI (tempat pelelangan ikan) di Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa, yang hancur diterjang tsunami pada 22 Desember 2028 lalu di APBD mendatang.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Lampung Selatan, Meizar Melanesia, pihaknya masih menunggu usulan yang telah diajukan ke pemerintah pusat terkait program pembangunan ulang TPI di Way Muli Timur.

“Sebenarnya usulan untuk pembangunan ulang TPI Muara Pilu ini juga kita masukan pada usulkan program bantuan alat tangkap nelayan. Kita masih menunggu apakah TPI ini juga akan dibantu pemerintah pusat atau tidak,” kata dia kepada Tribun, Kamis (11/7/2019).

Meizar mengatakan, jika usulan pembangunan ulang TPI ini tidak disetujui, maka pihaknya siap mengajukan usulan pembangunan ulang TPI ini pada APBD tahun mendatang.

Karena menurut dirinya, keberadaan TPI di Way Muli Timur sangat penting guna mendukung aktivitas nelayan di wilayah Pesisir Kecamatan Rajabasa.

Tentunya, imbuhnya, untuk membangkitkan kembali aktivitas nelayan di wilayah pesisir tersebut juga perlu didukung sarana TPI.

“Kalau nantinya kita tidak dapat dari pemerintah pusat, akan coba kita usulkan dalam APBD. Karena memang TPI ini penting guna menunjak aktivitas nelayan di pesisir Rajabasa yang terdampak tsunami pada akhir tahun lalu,” ujar Meizar.

Sebelumnya, ia mengatakan untuk program bantuan alat tangkap bagi nelayan yang terkena dampak tsunami Selat Sunda akhir tahun 2018 lalu di Pesisir Pantai Kabupaten Lampung Selatan akan melalui Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB).

Harapan Warga Desa Way Muli Timur Lampung Selatan Terhadap Pembangunan Hunian Sementara

Menurut dirinya, usulkan program bantuan sudah dimasukan pada saat awal tahun lalu bersamaan dengan usulkan program bantuan lainnya sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved