Tribun Bandar Lampung

Senat Pastikan Rekam Jejak Bakal Calon Rektor Unila Jadi Pertimbangan

Senat Universitas Lampung akan mengadakan rapat terkait agenda Pemilihan Rektor (Pilrek) pada Jumat (12/7/2019).

Senat Pastikan Rekam Jejak Bakal Calon Rektor Unila Jadi Pertimbangan
Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
Ketua Senat Unila Prof Heryandi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Senat Universitas Lampung akan mengadakan rapat terkait agenda Pemilihan Rektor (Pilrek) pada Jumat (12/7/2019). Senat akan menentukan personel Panitia Kerja (Panja).

"Tahapan demi tahapan terus kami jalankan. Besok (hari ini) kami rapat untuk menentukan siapa saja yang masuk Panja," kata Ketua Senat Unila Prof Heryandi di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2019).

Senat Unila menggarisbawahi pelaksanaan Pilrek yang mengacu Peraturan Menteri Riset , Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 21 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permenristek Dikti tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri.

"Nanti Menristek Dikti M Nasir berkewajiban melakukan tracking atau pelacakan terhadap para bakal calon rektor Unila," ujar Heryandi.

Jika ada bacarek yang tidak memenuhi ketentuan, maka yang bersangkutan akan tereliminasi dari pencalonan.

"Kalau ada kasus atau pelanggaran akademik, maka pencalonan bacarek itu gugur," kata Heryandi yang pernah menjabat dekan Fakultas Hukum Unila.

Ia menambahkan semua bacarek harus memenuhi persyaratan. Termasuk surat keterangan sehat, surat bebas narkoba, catatan kepolisian, hingga pernyataan tidak pernah melakukan plagiat.

"Harapannya Pilrek Unila tidak ada masalah. Jangan sampai ada yang bermasalah atau sibuk dengan urusan tertentu, termasuk kasus. Pasti buang-buang energi kalau mengurus hal-hal yang tidak penting," ujarnya.

Heryandi menjelaskan Senat akan menyerahkan kewenangan seleksi persyaratan kepada Panja yang beranggotakan 12 orang.

"Pada 10 September akan ada penyisihan babak pertama menjadi tiga nama calon rektor. Setelah itu, naik ke Menristek Dikti," katanya. 

Halaman
12
Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved