Tribun Pringsewu

Bupati Pringsewu Sujadi Komitmen Pertahankan Status ODF

Status Open Defecation Free (ODF) dan gerakan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan di Kabupaten Pringsewu.

Bupati Pringsewu Sujadi Komitmen Pertahankan Status ODF
ist
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan Cahyono

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Bupati Pringsewu Sujadi berkomitmen mempertahankan status Open Defecation Free (ODF) dan gerakan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan di Kabupaten Pringsewu.

Menurutnya, komitmen harus diwujudkan dalam bentuk konsistensi.

“Kita berupaya agar seluruh masyarakat di Pringsewu memiliki dan mengakses sarana sanitasi yang sehat dan aman, dan terus melakukan upaya agar prilaku BABS tidak kembali lagi," terangnya saat membuka acara pelatihan kajian teknis cepat (Rapid Technical Assessment) Kondisi Sanitasi di Regency Hotel Pringsewu, Senin (15/7/2019).

Sujadi menambahkan, komitmen Pemkab diwujudkan dalam Peraturan Daerah No1/2019 tentang STBM Berkelanjutan, serta Perbub dan turunan lainnya.

Rumah Keluarga Prasejahtera di Pringsewu Bakal Ditempel Stiker

Payung hukum itu didukung kelembagaan atau organisasi yang bersama-sama menggerakkan STBM dan juga anggaran.

“Harapan saya hasil dari kajian atau riset nanti bisa menjadi bahan untuk pengelolaan sanitasi di Pringsewu menuju aman".

"Selain itu, agar bisa segera terwujud, pengelolaan serta pemanfaatan tinja bisa sebagai peluang pendapat daerah,” jelas Sujadi.

Ia juga mengapresiasi kepada Yayasan Konservasi Way Seputih dan SNV yang telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan kegiatan ODF dan STBM berkelanjutan. (*)

Tags
Sujadi
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved