Tribun Bandar Lampung

Lakukan Tera Ulang Timbangan pada Pedagang Pasar Tugu, Disdag Temukan 11 Timbangan Alami Kerusakan

Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Bandar Lampung melaksanakan tera ulang timbangan para pedagang di Pasar Tugu, Senin (15/7/2019).

Lakukan Tera Ulang Timbangan pada Pedagang Pasar Tugu, Disdag Temukan 11 Timbangan Alami Kerusakan
TribunLampung/Eka Ahmad
Disdag Kota Bandar Lampung lakukan tera ulang timbangan pedagang di Pasar Tugu, Senin (15/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka Ahmad Sholichin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Bandar Lampung melaksanakan tera ulang timbangan para pedagang di Pasar Tugu, Senin (15/7/2019).

Di hari pertama pelaksanaan tera ulang timbangan, ada sebanyak 42 timbangan yang dilakukan tera ulang dengan jumlah 11 timbangan yang mengalami kerusakan.

"Jadi total 42 timbangan yang sudah diperiksa sekitar 11 yang mengalami kerusakan dan diservis di lokasi dan untuk anak timbangan ada empat dengan rincian satu yang kita tarik dan tiga yang bisa disesuaikan. Yang ditarik itu jenis lubangnya lubang kecil sehingga sulit untuk dilakukan penyesuaian," paparnya, Senin (15/7/2019).

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya hari ini melakukan tera di Pasar Tugu dengan konsep jemput bola karena kegiatan tera ulang dilaksanakan langsung di pasar.

Tujuan dilakukan jemput bola untuk memudahkan para pedagang agar tidak repot membawa alat timbangannya ke kantor dinas perdagangan.

"Satu sisi mereka juga masih bisa berdagang di sini sehingga tidak merugikan dari para pedagang itu. Tiga hari kita lakukan tera ulang dan berharap semua pedagang di sini bisa melaksanakan tera dalam tiga hari itu," paparnya.

Total pedagang yang dilaksanakan tera sekitar 230 untuk di Pasar Tugu dan dikenakan retribusi karena memang sudah ada perwali yang mengaturnya yaitu Perwali Nomor 79 Tahun 2011.

"Biaya retribusi beragam kisaran antara Rp 1000 hingga Rp 29 ribu. Itu tergantung jenis timbangannya.Kualifikasi pengecekan di antaranya cek timbangan (ada semacam jarum tumpul atau tidaknya) dan anak timbangan sendiri," jelasnya.

BREAKING NEWS- BPBD Terjunkan 13 Mobil Damkar Padamkan Api di Ponpes Salafiyah Al Hijrotul Munawaroh

Ia menerangkan ada sebanyak sembilan petugas yang melaksanakan tera ulang timbangan karena tidak semua petugas bisa melakukan dikarenakan ada pendidikan khusus untuk melakukannya.

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved