UM Metro

Mahasiswa PPM FKIP UM Metro Siap Kembangkan Potensi Desa Reno Besuki

uluhan mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Metro mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM)

Mahasiswa PPM FKIP UM Metro Siap Kembangkan Potensi Desa Reno Besuki
Ist
Mahasiswa PPM FKIP UM Metro Siap Kembangkan Potensi Desa Reno Besuki 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO – Puluhan mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Metro mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM), di Desa Reno Basuki, Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah, sejak Sabtu (13/07/ 2019)

Puluhan mahasiswa itu siap gali potensi yang terdapat di daerah setempat.

Riswanto, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengungkap, mayoritas masyarakat Desa Reno Basuki berprofesi sebagai petani singkong, sehingga menurutnya, bila hasil pertanian tersebut dikembangkan dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan siap saji maka akan mendatangkan keuntungan lebih bagi masyarakat sekitar.

“Hampir semua masyarakat di Desa Reno Basuki memiliki kebun singkong, yang hasilnya langsung di kirimkan ke pabrik, jika pola itu sedikit dirubah dan masyarakat mau mengolahnya menjadi produk makanan kreatif maka bisa menambah nilai pendapatan ekonomi masyarakat,” tegasnya.

“Dengan potensi yang ada di Desa Reno Basuki, mudah-mudahan mahasiswa KKN-PPM FKIP UM Metro yang kami tempatkan ini bisa memberikan kontribusi lebih, baik berupa ide, maupun gagasan-gagasan, sehingga ikut terlibat dalam mensejahterakan masyarakat Desa Reno Basuki,” imbuhnya.

Sementara di lokasi yang sama, Teguh Santoso salah satu mahasiswa yang terlibat menyebut, kelompok program KKN-PPM di Desa Reno Basuki, Rumbia, Lampung Tengah ini terdiri dari sepuluh mahasiswa yang terdiri dari program studi yang ada di lingkungan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Metro.

“Rencananya, kami selama menjalani KKN-PPM ini akan ada program-program yang harus dikerjakan, salah satu contohnya mengembangkan desa kreatif,” tutup Teguh.

Hampir semua fakultas dan program studi yang ada di bawah nauangan Universitas Muhammadiyah Metro tengah melaksanakan program KKN-PPM meski dengan istilah atau penyebutan nama yang berbeda dari setiap fakultasnya. Seperti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UM Metro), program seperti ini disebut KKN Profesi. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved