Tribun Lampung Utara

Pasangan Lansia di Lampung Utara Senang Ikut Sidang Isbat Gratis

Kebahagian terpancar dari pasanganTri Martono (68) dan istrinya Sarmi. Mereka satu dari 100 pasangan yang mengikuti sidang isbat.

Pasangan Lansia di Lampung Utara Senang Ikut Sidang Isbat Gratis
ist
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggelar sidang isbat nikah di kantor Desa Karang Rejo II, Kecamatan Muara Sungkai, Rabu (17/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MUARA SUNGKAI - Kebahagian terpancar dari pasanganTri Martono (68) dan istrinya Sarmi. Mereka satu dari 100 pasangan yang mengikuti sidang isbat. 

Kegiatan itu digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di kantor Desa Karang Rejo II, Kecamatan Muara Sungkai, Rabu (17/7/2019).

Tri mengatakan, menikah siri 1989 silam. Namun, saat itu tidak secara resmi terdaftar dalam negara karena tidak mempunyai modal untuk mengurus surat menyurat pernikahan.

"Saya terkendala biaya. Jadi nikah disaksikan oleh keluarga aja. Tidak ada pesta nikah juga," katanya.

Tri dan Sarmi saat ini memiliki tiga orang anak dan secara hukum mereka terdaftar di kantor urusan agama. Mereka berharap kegiatan serupa terus digalakan pemerintah.

"Saya senang bisa ikut sidang istbat hari ini. Biayanya gratis. Persyaratannya bawa saksi saat menikah pada saat itu, identitas kami, dan waktu menikah, terangnya.

Lampung Utara Minim Ruang Laktasi, Ibu Beri ASI di Tempat Sepi

Warga lainnya Suhaimi (48) mengaku selama tujuh tahun bersama istrinya Tuminah (45) hanya menjalani pernikahan siri.

"Saya memang selama ini hanya nikah siri dengan istri. Dulu maunya nikah resmi, cuma karena istri enggak ada KTP akhirnya kami memilih siri," terangnya.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara Sofyan menghadiri sidang isbat. Ada ratusan pasangan nikah siri menjadi sasaran untuk dilegalkan secara hukum di sidang isbat ini.

Halaman
123
Penulis: anung bayuardi
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved