Amien Rais Minta PAN Tak Ikut Gerbong Koalisi Jokowi, Ini Tanggapan Diplomatis Zulkifli Hasan

Ketua Umum PAN,Zulkifli Hasan memberikan jawaban diplomatis terkait permintaan Amien Rais yang meminta Partai Amanat nasional tidak masuk koalisi

Amien Rais Minta PAN Tak Ikut Gerbong Koalisi Jokowi, Ini Tanggapan Diplomatis Zulkifli Hasan
Facebook
Ketua MPR Zulkifli Hasan Berdiri, bersama Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan (berpeci putih) yang juga adiknya 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan memberikan jawaban diplomatis terkait permintaan Amien Rais yang meminta Partai Amanat nasional (PAN) tidak masuk koalisi.  

Menurut mantan menteri kehutanan ini dalam sistem pemerintahan di Indonesia tidak ada koalisi atau oposisi yang pemanen.

Koalisi menurutnya didasarkan pada Pancasila dengan musyawarah mufakat.

"Oposisi dan tidak,  itu tidak tepat bisa saja dipusat kota tidak bersama, atau bersama tapi di daerah berbeda ya contohnya misalnya di Lampung kami dengan Golkar sama partai-partai lain, di Sulawesi Selatan kita bersama PDIP dan Nasdem."

"Jadi kita menganut Pancasila sistemnya musyawarah mufakat, Musyarawah mufakat itu bisa sepakat untuk sepakat, bisa juga sepakat atau tidak sepakat," katanya.

Sedangkan terkait pernyataan Amien Rais yang memberikan kesempatan kepada Jokowi-Maruf memimpin Indonesia sampai lima tahun ke depan, Zulkifli Hasan mengaku sepakat.

Menurut Zulkifli bahasa Amien Rais tersebut versi halus dari sikapnya yang mendoakan agar Jokowi-Maruf sukses memimpin Indonesia.

"Itu bahasa pak Amien saya kira itu bahasa yang paling halus ya."

Amien Rais Minta PAN Tak Ikut Gerbong Koalisi Jokowi, Ini Tanggapan Diplomatis Zulkifli Hasan

"Kalau bahasa saya, kita dukung dan kita doakan agar Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf sukses memimpin Indonesia sehingga kita berubah menjadi lebih baik lebih adil dan lebih sejahtera yang saya kira subtansi nya sama," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, senayan, Jakarta, Kamis, (18/7/2019).

Indonesia menurut Zulkifli tidak seperti sistem politik di Amerika yang terdiri dari dua partai. Indonesia menganut multi partai, sehingga ada yang namanya musyawarah dalam mengambil sikap atau keputusan.

Halaman
1234
Penulis: Romi Rinando
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved