Bukan Hanya PKB dan Golkar yang Incar Kursi Pimpinan Parlemen, Partai Oposisi ini Juga Minta Jatah

Perebutan kursi Ketua MPR RI, cukup sengit. Sejumlah partai terang-terangan melakukan lobi=lobi dan menyatakan ingin dapat jatah pimpinan MPR.

Bukan Hanya PKB dan Golkar yang Incar Kursi Pimpinan Parlemen, Partai Oposisi ini Juga Minta Jatah
ilustrasi Kompasiana
Bukan Hanya PKB dan Golkar yang Incar Kursi Pimpinan Parlemen, Partai Oposisi ini Juga Minta Jatah Ketua 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID – Perebutan kursi pimpinan MPR RI, ternyata cukup sengit.

Pasalnya sejumlah partai mulai terang-terangan melakukan lobi=lobi dan menyatakan ingin meminta jatah pimpinan MPR.  Sebut saja Partai PKB, dan Golkar.

Bahkan belakangan bukan hanya kedua partai tersebut yang ingin meminta jatah Ketua MPR, belakangan Partai Gerindra juga diketahui mengincar kursi tersebut.

Gerindra melalui Wakil Ketua Fraksinya di DPR Sodik Mudjahid mengatakan, rekonsiliasi dapat terwujud apabila kader partainya menempati kursi Ketua MPR RI dan kader PDI Perjuangan sebagai Ketua DPR RI.

"Terutama oleh para pemimpin partai. Dalam menetapkan ketua MPR, Gerindra Ketua MPR, PDI-P jadi ketua DPR dan Joko Widodo sebagai presiden Indonesia," kata Sodik.

Alotnya dinamika politik dalam perebutan kekuasaan di parlemen diakui Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN) Hanafi Rais

Hal ini menyusul sejumlah partai politik di parlemen yang mengungkapkan keinginannya untuk mendapatkan kursi pimpinan MPR RI di periode mendatang.

"Ya namanya politik itu dinamikanya memang tinggi," ujar Hanafi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Hanafi merasa dinamika tersebut sebuah kewajaran. "Kalau sekarang ada (parpol) yang punya harapan, ada yang punya aspirasi, tentu boleh-boleh saja," kata Hanafi.

Mengenai posisi PAN dalam perebutan kursi pimpinan MPR sendiri, Hanafi enggan buka-bukaan. Ia mengatakan, partainya lebih menunggu hari pelantikan anggota DPR terlebih dahulu, yakni 1 Oktober 2019.

Caleg Gagal Ramai-ramai Cari Pekerjaan Baru Incar Kursi Anggota BPK RI Periode 2019-2024

Gara-gara Berebut Kursi di Warung Makan, Warga Tanggamus Tewas

Golkar pun Incar Kursi Ketua MPR

Diketahui, wakil rakyat dilantik, dilakukan pembahasan mengenai formasi MPR RI. Pada saat itulah baru PAN akan menunjukkan arahnya.

"Kita menunggu setelah seluruh anggota DPR dilantik ya. Baru kemudian yang pasti akan lebih terlihat, realistisnya seperti apa. Kemudian pilihan-pilihan politiknya seperti apa," ujar Hanafi. "Jadi, nanti tergantung hari H nya, nanti pas pelantikan bulan Oktober. Sekarang sih masih cair," lanjut dia.

(sumber kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : "PAN Akui Dinamika Perebutan Kursi MPR Cukup Tinggi", https://nasional.kompas.com/read/2019/07/19/16500921/pan-akui-dinamika-perebutan-kursi-mpr-cukup-tinggi.

Penulis: Romi Rinando
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved