Tribun Lampung Selatan

Terhitung 23 Agustus 2019, 12 Kapal Tak Layani Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni

Terhitung 23 Agustus 2019, Kementerian Perhubungan memberlakukan pembatasan bobot kapal ferry yang beroperasi melintas di Selat Sunda.

Terhitung 23 Agustus 2019, 12 Kapal Tak Layani Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni
tribunlampung.co.id/dedi sutomo
Ilustrasi. Harga Tiket Kapal Roro 2019 Merak-Bakauheni Lebih Mahal Saat Malam, Siang Dapat Diskon 10 Persen. 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Terhitung 23 Agustus 2019, Kementerian Perhubungan memberlakukan pembatasan bobot kapal ferry yang beroperasi melintas di Selat Sunda (Pelabuhan Bakauheni dan Merak).

Ketentuannya, kapal yang beroperasi harus di atas 5.000 grosstone (GT).

Warsa, Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasda) Cabang Bakauheni mengatakan, pembatasan kapal yang beroperasi merujuk Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 88 Tahun 2014.

Berlakunya aturan itu, kapal ferry berbobot di bawah 5.000 GT keluar dari lintasan Selat Sunda dan pindah jalur penyeberangan lainnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini ada 69 kapal ferry di lintasan Selat Sunda. Dari total tersebut, sekitar 10 -12 kapal bobotnya di bawah 5.000 GT.

“Berlakunya aturan pembatasan ukuran kapal, maka jumlah kapal yang siap untuk di lintasan Merak-Bakauheni hanya sekitar 57-59 unit. Meski berkurang, jumlah ini cukup untuk melayani penyeberangan,” paparnya.

Satnarkoba Polres Lampung Selatan Amankan 65 Kg Sabu di Pelabuhan Bakauheni

Warsa menyatakan, layanan penyeberangan di Pelabuhan Merah-Bakauheni saat ini beroperasi 30–33 per hari. Itu ditambah empat kapal milik ASDP beroperasi di dermaga eksekutif.

Terkait pelayanan port time (sandar di dermaga) dan sailing time (berlayar penyeberangan) kapal ferry saat ini, ia menerangkan, cukup. Di dermaga reguler port time 45 menit dan sailing time dua jam.

“Tidak ada masalah dengan port time dan sailing time saat ini".

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved