UM Metro

Dosen UM Metro Ajak Mahasiswa Dirikan Wisata Papringan

Tiga Dosen Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) ajak puluhan mahasiswa melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Dosen UM Metro Ajak Mahasiswa Dirikan Wisata Papringan
Ist
Dosen UM Metro Ajak Mahasiswa Dirikan Wisata Papringan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Tiga Dosen Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) Agil Lepiyanto, Kuswono, dan Rasuane Noor ajak puluhan mahasiswa melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Purwosari, Metro Utara, Kota Metro, Senin (22/7/2019).

Bentuk PKM yang digagas oleh tiga dosen dan puluhan mahasiswa ini berupa pengadaan tempat wisata berbasis desa (Wisata Papringan).

Dosen UM Metro Ajak Mahasiswa Dirikan Wisata Papringan
Dosen UM Metro Ajak Mahasiswa Dirikan Wisata Papringan (Ist)

Dampak dari pengadaan Wisata Papringan ini diharapan dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat setempat, sehingga secara tidak langsung menumbuhkan perekonomian masyarakat desa.

“Tim dosen beserta mahasiswa saat ini sedang melakukan program pengabdian masyarakat di 28, Purwosari, Metro Utara, Kota Metro. Puluhan mahasiswa kami terdiri dari berbagai Program Studi. Tidak hanya itu, kami juga mengajak organisasi pemuda (Karang Taruna) setempat untuk bekerjasama mewujudkan pembangunan Wisata Papringan Purwosari. Harapan dari ini semua tentunya membantu pertumbuhan perekonomian warga setempat,” ungkap Agil Lepiyanto.

Wisata Papringan Purwosari muncul sebagai sebuah ide dan gagasan dari survei potensi daerah pengabdian yang dilakukan sebelumnya oleh tim dosen dan mahasiswa.

“Seperti namanya ‘Papringan Purwosari’ wisata ini memang berada di Kelurahan Purwosari, dengan memanfaatkan pekarangan yang banyak tumbuh Pohon Bambu (Pring dalam bahasa Jawa). Wisata Papringan nantinya akan menjadi tempat Wisata Education, Culinary (Jajanan Tradisional warga setempat) dan Entertainment,” Imbuhnya.

Menurut Agil Lepiyanto, manfaat lain dari kegiatan seperti ini adalah agar dapat mengasah kreativitas mahasiswa dalam bermasyarakat, sehingga setelah lulus dari perguruan tinggi UM Metro, mahasiswa diharapkan dapat memahami perannya dalam bermasyarakat. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved