UM Metro

Pascasarjana UM Metro Adakan Seminar Akademik Bersama UKM

Program Pascasarjana (S2) Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) adakan rangkaian acara “Seminar, Doctoral Study, and Academic Writing Workshop”

Pascasarjana UM Metro Adakan Seminar Akademik Bersama UKM
Ist
Pascasarjana UM Metro Adakan Seminar Akademik Bersama UKM 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Program Pascasarjana (S2) Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) adakan rangkaian acara “Seminar, Doctoral Study, and Academic Writing Workshop”, di aula kampus setempat, Sabtu (20/7/2019)

Acara ini dihadiri oleh dua guru besar Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) sebagai keynote spekers.

Kehadiran guru besar UKM, Norhamidi Muhammad dan Edy Heriyanto Mijan, disambut hangat oleh Agus Sujarwanta Wakil Rektor I Bidang Akademik yang hadir mewakili Rektor UM Metro Jazim Ahmad.

Pascasarjana UM Metro Adakan Seminar Akademik Bersama UKM
Pascasarjana UM Metro Adakan Seminar Akademik Bersama UKM (Ist)

"Kami merasa tersanjung atas kehadiran dua guru besar dari Universiti Kebangsaan Malaysia di acara ini. Belum lama kami dilantik tapi atmosfernya sudah gegap gempita seperti ini,” ungkap Agus, mengingat dirinya dan pimpinan yang lain baru saja dilantik sebagai pejabat UM Metro untuk masa bakti 2019-2023.

Dalam sambutannya, Wakil rektor I juga sempat menyampaikan bahwa UKM dan UM Metro sudah menjalin kerjasama sejak tahun 2016 silam.

“Membaca jejak pimpinan terdahulu, sebenarnya pada tahun 2016, UKM dan UM Metro sudah ada kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dan sudah banyak event yang direalisasikan. Namun event kali ini dirasa lebih menantang, karena dalam rangka mewujudkan Doctoral Study, tentu ini tidak bisa dilaksanakan satu hari tetapi berkesinambungan,” jelasnya.

Dalam upaya meningkatkan ranking universitas, menurut  Agus , harus didukung oleh peningkatan pengembangan Sumber Daya Manusia.

Dengan begitu, Agus meminta dua Keynote Spekers supaya memberikan arahan dan strategi supaya dosen UM Metro yang ingin menempuh Study Doctoral di UKM tidak terkendala oleh berbagai hal.

“Dengan adanya kerjasama UKM dan UM Metro, mudah-mudahan dosen yang terkualifikasi doktor menjadi terus bertambah. Kita harus memiliki harapan, karena dengan adanya harapan, kita akan lebih semangat,” tukasnya.

Diketahui, selain membahas tentang strategi meningkatkan ranking perguruan tinggi, tips dan trik studi doktoral di UKM, di kesempatan itu juga dua guru besar tersebut menjelaskan cara mudah mempublikasi artikel penelitian agar cepat terindeks jurnal internasional.

“Mengapa proposal penelitian bapak atau ibu bertahun-tahun tidak terindeks jurnal internasional, itu bukan faktor bahasa yang sering kita duga sebagai penyebabnya, melainkan karena penelitian bapak atau ibu tidak memuat penemuan baru, jadi seolah-olah hanya memindahkan penelitian orang lain,” ungkap Edy Heriyanto Mijan. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved