Universitas Lampung

11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran

Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung (Unila) selenggarakan tes wawancara bagi 11 mahasiswa hasil penjaringan program

11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran
Ist
11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID UNILA- Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung (Unila) selenggarakan tes wawancara bagi 11 mahasiswa hasil penjaringan program prestasi khusus bidang keagamaan,  di ruang kerja wakil rektor bidang akademik Unila lantai 2 Rektorat, Jum’at (19/7/2019).

Sebelas mahasiswa dites langsung oleh Ustad Nur Kholis, Lc., M.A., salah satu hafiz Quran dari Yayasan Darul Fattah Bandar lampung beserta tim BPPMB Universitas Lampung.

11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran
11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran (Ist)

Muhamad Komarudin, S.T., M.T., selaku Humas BPPMB Unila menyampaikan, awalnya ada sekitar 30 orang pendaftar. Namun sebagian pendaftar itu dinyatakan tidak lulus secara administrasi lantaran hanya menyertakan sertifikat sebagai tanda bukti sehingga hanya tersisa 11 calon mahasiswa.

Mereka memiliki variasi jumlah hafalan Quran yang berbeda mulai dari 15 hingga 30 juz. Sementara persyaratan dari Unila minimal calon mahasiswa memiliki hafalan 10 juz Al Quran baru dapat mengikuti seleksi masuk melalui jalur prestasi khusus bidang keagamaan.

“Calon mahasiswa yang mengikuti seleksi ini dapat mengambil program studi di semua fakultas yang ada di lingkungan Universitas Lampung,” ujarnya.

Selain dari hafalan Quran, para calon mahasiswa akan diseleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademis agar program studi yang diambil oleh masing-masing calon mahasiswa sesuai dengan kemampuan akademisnya.

11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran
11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran (Ist)

“Jangan hanya kemampuannya di bidang sosial namun kemampuannya di IPA. Nanti mereka sendiri yang akan kesulitan menyesuaikannya,” kata Komarudin.

Selain hafalan Quran para peserta akan dinilai kefasihan makhorizul huruf. Kemudian pengetahuan tentang ilmu tajwid, hingga urutan surat. “Ini menjadi penting sehingga mereka tidak hanya hafal namun mampu mengucapkannya secara benar. Harapannya mereka betul-betul menguasai terkait hafalan Quran tersebut,” imbuhnya.

11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran
11 Mahasiswa Ikuti Tes Hafalan Quran (Ist)

Jalur prestasi khusus bidang keagamaan Unila sendiri telah berjalan sejak tiga tahun terakhir dengan menerima para hafiz yang berasal dari pondok pesantren atau SMA yang berasal dari Provinsi Lampung. Hal itu ditujukan untuk memotivasi pondok-pondok pesantren dan SMA yang ada di Lampung untuk meningkatkan kualitasnya.

Calon mahasiswa dari jalur ini mirip dengan para mahasiswa dari jalur SBMPTN. Calon mahasiswa tidak dikenakan SPI seperti jalur mandiri, tetapi untuk UKT akan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tuanya.

Komarudin berharap calon mahasiswa dari jalur keagamaan ini dapat diterima sehingga memberi warna bagi Universitas Lampung menjadi lebih religius. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved