UM Metro

Pendidikan Sejarah UM Metro: SOS Sebagai Ajang Peningkatan Wawasan Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah (UM) Metro adakan SOS (Studi Objek Sejarah) ke berbagai situs sejarah yang terdapat di SolO

Pendidikan Sejarah UM Metro: SOS Sebagai Ajang Peningkatan Wawasan Sejarah
Ist
Pendidikan Sejarah UM Metro: SOS Sebagai Ajang Peningkatan Wawasan Sejarah 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID METRO - Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah (UM) Metro adakan SOS (Studi Objek Sejarah) ke berbagai situs sejarah yang terdapat di Solo, Yogyakarta, Cirebon dan Karawang, Senin (29/7/2019) hingga Selasa (06/8/2019).

“Tadi pagi (29/7/2019) di halaman Gedung B UM Metro, Kepala Program Studi Pendidikan Sejarah melepas keberangkatan mahasiswa angkatan 2018 yang akan melaksanakan SOS ke Solo, Yogyakarta, Cirebon dan Karawang,” ungkap Aulia Mutiara Putri, salah satu mahasiswa yang diketahui ikut dalam rombongan SOS tersebut.

Aulia mengatakan, SOS sendiri ditujukan bukan hanya untuk jalan-jalan semata, namun sebagai mahasiswa sejarah kita harus memaknainya sebagai kegiatan yang sarat dengan edukatif, rekreatif, dan inspiratif.”

Senada dengan itu, Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah UM Metro, Kuswono, di sela-sela pidatonya menyampaikan bahwa SOS penting diikuti karena selama mengunjungi situs-situs bersejarah (rekreasi) mahasiswa dituntut memetik nilai edukasi yang terkandung di dalamnya, dengan harapan mahasiswa menjadi lebih terinspirasi dan memaknai sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang penting dipahami.

"Manfaatkan SOS ini sebagai ajang rekreasi dengan tidak lupa memetik nilai edukasi dari setiap objek atau situs sejarah yang akan kita kunjungi, karena dari situ kita akan merasa terinpirasi dan memahami bahwa peran sejarah sangat penting diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbaunya kepada puluhan mahasiswa yang akan melaksanakan SOS ke berbagai daerah di Pulau Jawa.

Sebagai Kaprodi, Kuswono juga menjelaskan bahwa Studi Objek Sejarah merupakan rutinitas yang setiap tahun diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Mero. Selain itu SOS ini juga masuk ke dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan nilai 2 SKS di semester 4 (empat) mendatang. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved