Jokowi Sebut Ibu Kota di Kalimantan, Relawan: Lampung Terus Berjuang Sampai Janur Kuning Melengkung

Jokowi Sebut Ibu Kota Negara di Kalimantan, Relawan: Lampung Akan Terus Berjuang Sampai Janur Kuning Melengkung.

Jokowi Sebut Ibu Kota di Kalimantan, Relawan: Lampung Terus Berjuang Sampai Janur Kuning Melengkung
Tribunlampung.co.id/Deni
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menandatangani kajian dan deklarasi DKI Lampung di GSG Syariah lt 2 UIN Raden Intan Lampung, Kamis (25/7/2019). 

Jokowi Sebut Ibu Kota Negara di Kalimantan, Relawan: Lampung Akan Terus Berjuang Sampai Janur Kuning Melengkung

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ibu kota negara akan dipindahkan ke salah satu daerah Kalimantan.

Mengenai lokasi pastinya, ia akan mengumumkan pada pertengahan Agustus 2019.

Penyebutan kembali Kalimantan sebagai calon ibu kota negara dilakukan Jokowi saat ‎kunjungan kerja di Sumatera Utara, Selasa (30/7).

“Kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantan yang mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustuslah,” kata Presiden.

Tahap awal ibu kota baru akan menampung 1,5 juta penduduk. Perhitungan tersebut sudah termasuk perkiraan jumlah PNS pusat, pegawai legislatif, yudikatif yang diperkirakan sebanyak 200 ribu jiwa. Sementara untuk aparat Polri dan TNI sekitar 25 ribu jiwa.

Untuk membangun ibu kota baru yang rencananya seluas 40 ribu hektare, pemerintah setidaknya memerlukan dana hingga 33 miliar dolar AS atau Rp 446 triliun.

Namun demikian, Presiden Jokowi mengatakan, kajian belum rampung. Paparan soal kebencanaan maupun sosial budaya belum selesai.

"Kalau sudah rampung, detailnya sudah dipaparkan, kajian kebencanaan seperti apa. Mulai dari kajian air, kajian keekonomian, kajian demografinya, masalah sosial politiknya, pertahanan keamanan," ujarnya.

"Semuanya harus komplit. Kita tidak ingin tergesa-gesa, tetapi secepatnya diputuskan," kata Presiden

Halaman
12
Penulis: hanif mustafa
Editor: Andi Asmadi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved