Tribun Pesawaran

Warga Antusias Tonton Pawai Budaya Nusantara Event Semarak Pesawaran Ke-12

Pawai Budaya Nusantara ramaikan Semarak Pesawaran ke-12 Tahun 2019. Kegiatan tersebut dipusatkan di komplek Islamic Center Bumi, Selasa (30/7/2019).

Warga Antusias Tonton Pawai Budaya Nusantara Event Semarak Pesawaran Ke-12
TRIBUN LAMPUNG/ROBERTUS DIDIK
Para muli membawa nampan kebesaran untuk hidangan dan sekapur sirih dalam arak-arakkan pengantin adat Saibatin Kecamatan Marga Punduh. Itu ditampilkan pada Pawai Budaya Nusantara di komplek Islamic Center Pesawaran, Selasa (30/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan Cahyono

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Pawai Budaya Nusantara ramaikan Semarak Pesawaran ke-12 Tahun 2019. Kegiatan tersebut dipusatkan di komplek Islamic Center Bumi, Selasa (30/7/2019).

Pawai Budaya tersebut disambut antusias masyarakat yang hadir di Islamic Center. Arak-arakan juga diramaikan dengan Tapis Karnaval.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Pesawaran Silahuddin mewakili Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melepas rombongan pawai.

Ia menerangkan, kegiatan itu momen pagelaran kasanah budaya rakyat.

Pesawaran Target Jadi Kabupaten Layak Anak 2020

“Tujuannya untuk mempersatukan. Sebab kita tahu Kabupaten Pesawaran sangat kaya dengan ragam seni dan budaya," jelasnya.

Silahuddin menambahkan, Semarak Pesawaran bukan ajang untuk mengklaim budaya satu daerah lebih unggul dibanding budaya daerah lain. Menurutnya, budaya bukan untuk dibanding-bandingkan.

“Terpenting bagaimana upaya untuk melestarikan budaya tersebut. Sehingga identitas Pesawaran dapat dipertahankan,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran Fauzan Suaidi menjelaskan, wilayah setempat memiliki kekayaan budaya beragam.

Pemkab Pesawaran Berangkatkan 100 Warga Umrah Gratis

Ada beberapa kesenian budaya hampir ditinggalkan pendukungnya karena adanya pergeseran nilai.

Untuk itu, pihaknya menyelenggarakan Pawai Budaya Nusantara sebagai even tahunan. Kegiatan tersebut melibatkan sanggar dan masyarakat umum dari 11 kecamatan Kabupaten Pesawaran.

Perwakilan 11 kecamatan Pesawaran menampilkan karakteristik wilayahnya masing-masing gelaran Semarak Pesawaran ke-12. (*)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved