Gubernur Arinal Pecah 2 Bidang Kerja Jadi 5 Dinas

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi merombak organisasi perangkat daerah (OPD) khususnya dinas.

Gubernur Arinal Pecah 2 Bidang Kerja Jadi 5 Dinas
Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan sambutan dalam acara Workshop Pengendalian Kerusakan Perairan Darat (PKPD) di Ballroom Hotel Horison, Bandar Lampung, Kamis (1/8/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi merombak organisasi perangkat daerah (OPD). Ia akan memecah setidaknya dua bidang kerja besar menjadi lima dinas.

Arinal menjelaskan setiap instansi harus fokus mengurus bidang tertentu. Ini untuk menopang upaya mewujudkan visinya, yakni Rakyat Lampung Berjaya.

"Seperti (sekarang) Dinas Perkebunan dan Peternakan. Apabila yang menjadi kepala dinasnya orang (berlatar belakang) peternakan, maka tidak akan kompeten mengurusi perkebunan," kata Arinal saat menyampaikan sambutan dalam acara Workshop Pengendalian Kerusakan Perairan Darat di Ballroom Hotel Horison, Bandar Lampung, Kamis (1/8/2019).

Karena itulah, Arinal menilai Dinas Perkebunan dan Peternakan harus terpisah menjadi dua dinas. Satu dinas mengurusi perkebunan, satu dinas lagi mengurusi peternakan beserta kesehatan hewan.

Dua dinas tersebut masuk dalam lingkup kerja bidang pangan dan pertanian. Selain Dinas Perkebunan serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, akan ada satu dinas lagi, yaitu Dinas Ketahanan Pangan.

Tak hanya bidang pangan dan pertanian, Arinal akan merombak instansi di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang. Ia menyatakan akan membagi bidang kerja tersebut menjadi dua dinas.

Pertama, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi. Kedua, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air.

Sebelum Arinal menjabat, bidang kerja Bina Konstruksi masuk sebagai Bidang Bina Jasa Konstruksi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung. Sementara bidang kerja pengelolaan sumber daya air masuk dalam Dinas Cipta Karya Pengelolaan Sumber Daya Air.

(Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved