VIDEO Puluhan Wisatawan Gelar Ritual Aneh di Lokasi Tapak Tuantapa Aceh

Sekelompok wisatawan asal luar daerah menggelar ritual aneh di lokasi Tapaktuan Tapak di Desa Kampung Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sekelompok wisatawan asal luar daerah menggelar ritual aneh di lokasi Tapaktuan Tapak di Desa Kampung Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (6/8/2019).

Ritual semacam pemujaan itu sontak saja mendapat protes dan kecaman dari warga setempat karena dinilai melenceng dari nilai Syariat Islam yang berlaku di Aceh.

"Seharusnya mereka mentaati nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di Aceh Selatan, sebab ritual semacam itu sangat melenceng dari Syariat Islam yang berlaku di sini," kata Sarbunis, salah seorang tokoh masyarakat setempat kepada Serambinews.com menyusul tersebarnya video ritual tersehut di lokasi Tapak.

Informasi yang beredar, kedatangan sekumpulan wisatawan yang belum diketahui asalnya itu ke Tapaktuan difasilitasi Komunitas Wisata Tuantapa (Kotatua).

Namun informasi itu dibantah tegas oleh Ketua Kotatua, Muchsin.

"Kita mengimbau, bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh umumnya dan Aceh Selatan khususnya untuk menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan Syariat Islam di sini," imbau Sarbunis.

Terkait dengan informasi bahwa yang memfasilitasi kedatangan wisatawan tersebut ke Tapaktuan adalah Kotatua dibantah tegas oleh Muchsin.

"Kotatua tidak memfasilitasi mereka, tapi kita hadir karena di telepon sama yang fasilitasi," jelas Muchsin.

BREAKING NEWS - Pakai Jenglot dan Dupa, Begini Ritual Dukun Palsu Gandakan Uang

Satu-satunya Jenderal TNI Berambut Gondrong yang Bikin Soeharto Nangis, Sang Penasihat Spiritual

Dijelaskannya, komunitas yang dipimpinnya itu hanya sekadar berfoto dengan wisatawan tersebut.

"Acara selanjutnya kami tidak tahu karena bukan kami yang memfasilitasi," jelas Muchsin.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved