Tribun Tanggamus

Makin Pedas, Harga Cabai di Pasar Talang Padang Tembus Rp 90 Ribu/Kg

Cabai jadi komoditi paling mahal menjelang Idul Adha 1440 H. Saat ini harga cabai kisaran Rp 80 ribu- Rp 90 ribu per kilogram (kg).

TRIBUN LAMPUNG/TRI YULIANTO
Tim gabungan monitoring sejumlah kebutuhan pokok di beberapa pasar Kabupaten Tanggamus, Jumat (9/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Cabai jadi komoditi paling mahal menjelang Idul Adha 1440 H. Saat ini harga cabai kisaran Rp 80 ribu- Rp 90 ribu per kilogram (kg).

Kepala Dinas Perdagangan Tanggamus Zulfadli yang memimpin tim gabungan monitoring menjelaskan, tingginya harga cabai bervariasi di antara empat pasar, yakni Kota Agung, Wonosobo, Gisting dan Talang Padang.

"Di Pasar Talang Padang harga cabai yang paling tinggi, sampai Rp 90.000, kalau di Gisting Rp 80.000. Di sini juga harga-harganya lebih tinggi dibanding tempat lainnya," ujarnya, Jumat (9/8/2019).

Zulfadli menambahkan, tingginya harga cabai memang dipicu tibanya Idul Adha. Harga yang selama ini sudah tinggi makin naik lagi, dan itu tidak bisa dihindari, khususnya di Pasar Talang Padang.

"Ini imbas saja menjelang Idul Adha, sebab pembeli meningkat dan pedagang ingin mendapatkan untung lebih, biasalah itu," ujarnya.

Personel Terbatas, Pemeriksaan Hewan Kurban Sasar Masjid dan Musala

Terkait stok kebutuhan pokok menurut Zulfadli semua pokok tersedia. Hanya pembelian saja yang tinggi sehingga mendorong kenaikan harga.

Ia menjelaskan, tim gabungan juga melakukan monitoring kualitas bahan pokok. Tujuannya, antisipasi mengandung bahan pengawet dan peredaran barang kedaluwarsa.

“Hasilnya rata-rata semua aman konsumsi, hanya saja izin beberapa barang seperti kue perlu diperbaharui. Apabila produksi lokal maka cukup izin kesehatan dari puskesmas setempat,” kata Zulfadli. (*)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved