Tribun Lampung Tengah

LPA Lamteng Sebut Pembelajaran Seks Education di Sekolah Harus Diajarkan, Ini Alasannya

Banyaknya kasus kejahatan seksual yang melibatkan anak, membuat Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung Tengah mendesak Sex Education di sekolah.

LPA Lamteng Sebut Pembelajaran Seks Education di Sekolah Harus Diajarkan, Ini Alasannya
TribunLampung/Syamsir Alam
Ketua LPA Lamteng Eko Yuwono (kiri).

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNG SUGIH - Banyaknya kasus kejahatan seksual yang melibatkan anak, membuat Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Lampung Tengah mendesak Sex Education (pelajaran seksual) diajarkan di sekolah.

Ketua LPA Lamteng Eko Yuwono menyatakan, pembelajaran seksual untuk anak usia sekolah agar mendapatkan pembelajaran terkait seksual, dan mereka mencegah tindakan-tindakan oleh oknum orang dewasa yang tidak bertanggung jawab.

"Sudah sangat mendesak sekali bahwa Sex Education harus segera diajarkan di sekolah-sekolah. Tujuannya supaya anak-anak paham apa itu seksual," kata Eko Yuwono, Jumat (9/8/2019).

Terlebih lanjut Eko Yuwono, Lamteng merupakan satu dari beberapa kabupaten yang mendapatkan gelar kota layak anak dari Kementerian PP&PA.

"Seharusnya pemerintah melalui dinas terkait supaya dapat memperhatikan, melalui program nyata, supaya dapat melindungi anak-anak, terutama dari para predator anak," ujarnya.

Eko menyatakan, aparat penegak hukum pun, supaya lebih jeli dalam menetapkan pasal bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak, sehingga mereka jera akibat perbuatan yang dilakukan.

Tak hanya itu, peran orangtua pun dalam memperhatikan anak-anak mereka seharusnya dapat lebih ketat lagi, sehingga mereka dapat mengetahui apa yang terjadi di luar rumah atau di lingkungan tempat anak bermain.

"Sampai Agustus ini, LPA mencatat sudah ada 71 korban kejahatan seksual terhadap anak. Tentu itu bukanlah angka sedikit, dan kami yakin masih ada lagi kasus yang tidak terlaporkan atau diketahui LPA atau kepolisian," pungkasnya.

(tribunlampung.co.id/syamsir alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved