Tribun Bandar Lampung

Jemaah Haji Asal Bandar Lampung Meninggal Dunia di Madinah

Satu orang jemaah haji asal Kota Bandar Lampung meninggal dunia ketika menjalankan ibadah rukun Islam kelima tersebut.

Jemaah Haji Asal Bandar Lampung Meninggal Dunia di Madinah
Tribunlampung.co.id/Eka Ahmad Sholichin
Abdul Basid, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Satu orang jemaah haji asal Kota Bandar Lampung meninggal dunia ketika menjalankan ibadah rukun Islam kelima tersebut.

Jemaah yang meninggal atas nama Sarudin Pohan (89) warga Jl. H. Abdurrahman, Kaliawi yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 9 gelombang I.

"Jemaah haji Kota Bandar Lampung itu seluruhnya yang berangkat ke Arab Saudi berjumlah 1.917 jemaah," ungkap Abdul Basid, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung seusai menjalankan ibadah Salat Id di Stadion Pahoman, Minggu (11/8/2019).

Menurutnya, satu orang atas nama Sarudin Pohan (89) warga Jl. H. Abdurrahman, Kaliawi yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 9 gelombang I yang meninggal sampai hari ini.

"Jadi ketika sudah sampai Madinah beliau menderita serangan jantung. Kemudian masuk Rumah Sakit King Fadh (Madinah) di ICU," terangnya.

Lalu setelah sembilan hari di Madinah kloter berangkat ke Mekkah. Tetapi karena nafasnya harus dibantu dengan ventilator itu tidak diikutkan berangkat ke Mekkah.

"Dan pada tanggal 7 Agustus jam 8 waktu Madinah dia meninggal di Madinah. Insyaallah kalau meninggal di Madinah itu mudah-mudahan khusnul khatimah. Kenapa khusnul khatimah? Karena ciri-cirinya dia meninggal ketika melaksanakan ibadah haji," terangnya.

"Lalu meninggal di tanah suci di Madinah. Kalau jemaah meninggal di Madinah itu biasanya dimakamkan di Makam Baki (sahabat Rasul) di samping masjid Madinah," imbuhnya.

Ia memohon mudah-mudahan Sarudin khusnul khatimah dan kawan-kawan jemaah haji yang sekarang ini berada di Muzdalifah menuju Mina.

"Khusus Kota Bandar Lampung mudah-mudahan diberikan kesehatan, kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan rangkaian ibadah hajinya," paparnya.

Ia menambahkan bahwa jemaah haji asal Bandar Lampung akan kembali ke Indonesia perdana pada tanggal 22 Agustus-14 September 2019 yang diawali Kloter 9.

"Tapi kalau untuk Lampung itu tanggal 20 Agustus sudah pulang dari Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng)," pungkasnya.

(Tribunlampung.co.id/Eka Ahmad Sholichin)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved