Tribun Tanggamus

Ironi Bungker Peninggalan Jepang di Tanggamus Makin Rusak Akibat Ulah "Tangan Jahil"

Nasib dua bungker peninggalan Jepang di Pekon Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur makin lama kian hancur.

Ironi Bungker Peninggalan Jepang di Tanggamus Makin Rusak Akibat Ulah
TRIBUN LAMPUNG/TRI YULIANTO
Kondisi bungker peninggalan Jepang yang kondisinya makin lama tambah rusak di Pekon Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur, Senin (12/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Nasib dua bungker peninggalan Jepang di Pekon Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur makin lama kian hancur.

Pasalnya, terjadi kerusakan parah pada bagian lantai diduga ulah “tangan jahil” terus menggali bungker berharap dapatkan benda berharga.

Manzori, warga pekon setempat menjelaskan, kerusakan sudah terjadi sejak dulu. Namun tidak begitu dalam kisaran 0,5 meter saja. Tapi sekarang sudah sampai satu meter kedalamannya.

Bahkan di salah satu bungker sebelah barat selain berlubang, kini sudah berongga keliling lantainya. Tinggal menunggu saat untuk amblas.

“Lama-kelamaan kedua bungker bakal benar-benar hilang terkubur tanah perbukitan. Sebab saat ini saja hampir separuh bangunan rusak karena dirusak,” jelas Manzori, Senin (12/8/2019).

4 Orang Dobrak Rumah Warga di Tanggamus, Tembak Kaki Supriadi dan Ambil Uang Rp 400 Juta

Keberadaan bungker di Pekon Kagungan tidak diketahui banyak orang. Selama ini tidak ada upaya pengenalan, perawatan dan perhatian pada tempat tersebut.

“Dulu bungker masih bisa terlihat meski tidak banyak orang berani masuk. Namun sekarang bukan cuma masuk tapi merusak yang ada di dalamnya,” tukas Manzori.

Di Pekon Kagungan ada tiga bungker, terdiri dua bungker persembunyian yang ada di dua bukit dan satu bungker pertahanan di tepi sungai.

Kondisi ketiganya tidak terawat sama sekali. Hingga bungker pertahanan sudah nyaris hilang.

Halaman
12
Tags
Bungker
Penulis: Tri Yulianto
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved