Universitas Lampung

727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila

Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, membuka langsung program Pengenalan Sistem Akademik Pascasarjana (PSAP)

727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila
Ist
727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, UNILA - Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, membuka langsung program Pengenalan Sistem Akademik Pascasarjana (PSAP) yang diikuti oleh 727 mahasiswa Pascasarjana dan Doktor Universitas Lampung, di Gedung Serbaguna (GSG) Unila, Sabtu (10/8/2019).

727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila
727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila (Ist)

Program PSAP dimulai dari pengenalan sistem akademik pascasarjana di Unila yang dipaparkan oleh sejumlah pemateri yakni direktur pascasarjana, perwakilan tim siakad biro akademik dan kemahasiswaan, perwakilan UPT TIK Unila, serta perwakilan Bank BRI terkait pelayanan kepada mahasiswa.

727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila
727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila (Ist)

Sebelum acara dimulai, Rektor secara simbolis mengenakan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa program pascasarjana dan doktor. Dilanjutkan penyerahan daftar nama dari Rektor kepada para dekan di lingkungan Universitas Lampung.

727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila
727 Mahasiswa Pascasarjana Ikuti PSAP Unila (Ist)

Usai mengikuti rangkaian PSAP di di Gedung Serbaguna (GSG), mahasiswa melanjutkan PSAP di tingkat fakultas dan program studi atau jurusan masing-masing.

Ketua pelaksana PSAP Prof. Drs. Mustafa dalam laporannya menyampaikan, mahasiswa baru yang diterima di Unila program doktor sebanyak 50 orang pada tahun akademik 2019/2020. Mahasiswa tersebut tersebar di prodi Doktor Ilmu Pertanian, Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor MIPA, Doktor Ilmu Lingkungan, dan Doktor Ilmu Hukum.

Universitas Lampung juga menerima mahasiswa baru program magister pada fakultas hukum sebanyak 90 orang, fakuktas ekonomi 75 orang, fakultas teknik 32 orang, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (FISIP) 57 orang, serta fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) sebanyak 46 orang.

Selanjutnya fakultas kedokteran sebanyak 17 orang, fakultas pertanian sebanyak 55 orang, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) sebanyak 220 orang, dan magister program multidisiplin 17 orang. Dengan demikian total mahasiswa program pascasarjana dan doktor sebanyak 727 mahasiswa.

Mustafa berharap, dari eksisting mahasiswa yang ada saat ini maka dua tahun mendatang Pascasarjana Unila mampu menghasilkan 727 jurnal yang dipublikasi terindeks scopus.

Rektor mengungkapkan, pendidikan pascasarjana merupakan salah satu alat transformasi Universitas Lampung dari teaching university menjadi research university. Menurutnya, research university tidak bisa maksimal tanpa dukungan program pascasarjana dalam hal pembenahan pendidikan program magister dan doktor.

“Setiap lulusan pascasarjana akan mendapatkan ijazah dan ilmu akademik. Mereka meninggalkan jejak untuk peningkatan institusi atau pascasarjana itu sendiri yang pada akhirnya akan memperkuat research university,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved