Tribun Metro

Empat Kelurahan di Kota Metro Rentan Kekeringan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro menilai empat kelurahan di wilayah setempat berpotensi mengalami kekeringan.

Empat Kelurahan di Kota Metro Rentan Kekeringan
Huffington Post
Ilustrasi 

Empat Kelurahan di Kota Metro Rentan Kekeringan

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro menilai empat kelurahan di wilayah setempat berpotensi mengalami kekeringan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Metro A Ansori mengatakan, empat wilayah tersebut adalah Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara, Kelurahan Metro Kecamatan Metro Pusat, serta Kelurahan Tejosari dan Iringmulyo di Metro Timur.

Puluhan Hektare Sawah di Penawar Tama Kekeringan

Ia mengaku, di beberapa kelurahan seperti di Tejosari, bahkan sudah ada yang mengalami kekeringan. Namun demikian, BPBD belum menerima permintaan distribusi air bersih dari masyarakat Kota Metro.

"Kekeringan sudah ada. Kemarin saya melihat ada warga yang numpang mandi di rumah tetangga. Tetapi kalau permintaan distribusi air bersih memang belum. Ketersedian air kita dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan air bersih warga," imbuhnya, Kamis (15/8).

Ia menjelaskan, masyarakat Kota Metro yang hendak meminta distribusi air bersih bisa menyampaikan lewat lurah di wilayahnya atau langsung mendatangi kantor. BPBD saat ini telah memiliki mobil sendiri untuk pendistribusian.

Imbas Musim Kemarau, Petani Lampung Selatan Keluhkan Hasil Panen Pisang Menurun

"Ada sumur bor. Kemudian kan di beberapa kelurahan juga ada sumur bor bantuan dari kami. Jadi masyarakat bisa mengambil air di situ. Sekarang kami juga sudah mempunyai mobil sendiri untuk distribusi air bersih. Kalau dulu kan masih menggunakan Damkar," imbuhnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki mengaku mendapat banyak usulan dari warga terkait kekeringan akibat kemarau panjang tahun ini.

"Saat reses banyak yang mengusulka soal kekeringan ini. Seperti saya dari Metro Timur. Itu di Yosodadi dan Iringmulyo meminta bantuan sumur bor karena rawan. Ini nanti yang kita dorong saat pembahasan APBD," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan adanya penambahan mobil baru pemadam kebakaran (damkar) untuk memaksimalkan kerja saat terjadi musibah. Baik kebakaran maupun sebagai suplai air saat kekeringan.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved