Tribun Tanggamus

RAPBD 2020 Tanggamus Targetkan Pendapatan Rp 1,90 Triliun

DPRD Tanggamus menggelar sidang paripurna penyampaian Rencana APBD 2020 Tanggamus.

RAPBD 2020 Tanggamus Targetkan Pendapatan Rp 1,90 Triliun
Tribunlampung.co.id/Tri
RAPBD 2020 Tanggamus Targetkan Pendapatan Rp 1,90 Triliun 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - DPRD Tanggamus menggelar sidang paripurna penyampaian Rencana APBD 2020 Tanggamus.

Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan memimpin sidang tersebut bersama para wakil dan dihadiri para anggota dewan serta jajaran Forkopimda.

Dari pihak Pemkab Tanggamus hadir Bupati Dewi Handajani dan Wabup AM Syafi'i, serta para kepala organisasi perangkat daerah dan unsur pimpinan lainnya.

Dalam penyampaian RAPBD 2020, Dewi menjelaskan, hal ini adalah kelanjutan dari pembahasan KUA-PPAS 2020 yang telah disepakati dan tandatangani bersama.

"Tema pembangunan Tanggamus tahun 2020 adalah 'Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
dan Penanggulangan Kemiskinan Untuk Pertumbuhan yang Berkualitas'," ujar Dewi.

Berdasarkan tema tersebut maka prioritas pembangunan diarahkan pada, pertama, penguatan daya dukung infrastruktur dan konektivitas; Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan;

Kelabui Polisi, Bandar Narkoba di Lampung Sembunyikan Sabu Dalam Tanah

Peningkatan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja; Pemantapan ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup berbasis mitigasi bencana; Penguatan tata kelola pemerintahan dan stabilitas kamtibmas.

Ringkasan susunan anggaran dalam RAPBD 2020, pendapatan daerah dianggarkan Rp 1,90 triliun, terdiri dari pendapatan asli daerah Rp 113,73 miliar.

BREAKING NEWS - Pasca Kecelakaan Sang Anak, Tempat Praktek dr Ridhuan, Ayah Etna Dwi Julia Tutup

Dana perimbangan Rp 1,22 triliun, pendapatan daerah yang sah Rp 570,82 miliar, belanja daerah Rp 1,90 triliun, belanja tidak langsung Rp 1,12 triliun dan belanja langsung Rp 776,59 miliar.

Secara garis besar belanja daerah digunakan untuk pembiayaan program prioritas tahun 2020. Lalu untuk pengalokasian Dana Desa, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, peningkatan kapasitas SDM dan penguatan APIP.

Pembiayaan daerah Tanggamus tahun
2020 secara total Rp 2,8 miliar digunakan untuk penyertaan modal (investasi) dari pemkan ke BUMD milik daerah yaitu Bank Perkreditan Rakyat Syariah Tanggamus Rp 1,8 miliar dan PT. Bank Lampung Rp 1 miliar.

"Dengan kondisi tersebut maka RAPBD Tanggamus 2020 tetap dalam kondisi berimbang antara pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah," ujar Dewi.

Untuk selanjutnya RAPBD 2020 akan dibahas oleh anggota dewan agar bisa dijadikan APBD 2020.

(Tribunlampung.co.id/Tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved