Bank Indonesia Luncurkan QRIS, Satu QR Code untuk Semua Pembayaran

BI meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau QRIS

Bank Indonesia Luncurkan QRIS, Satu QR Code untuk Semua Pembayaran
TribunLampung/Ana Puspita
Peluncuran QR Code Indonesian Standard (QRIS) di Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Provinsi Lampung. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Bank Indonesia meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS diluncurkan bertepatan dengan HUT ke–74 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 2019 di Kantor Pusat Jakarta dan di seluruh Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN).

Termasuk di KPwBI Provinsi Lampung yang dihadiri oleh BMPD Provinsi Lampung dan LinkAja sebagai salah satu perwakilan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Provinai Lampung Budiharto Setyawan mengatakan, implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020.

Hal ini untuk memberikan masa transisi persiapan bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

"Kita ingin sistem pembayaran jadi lebih efisien, serta lebih mudah untuk pencatatan jasa sistem penyelengara sistem pembayarannya. Nantinya PJSP yang memang sudah berijin dapat mengurus pergantian QR Code standar dengan mengikuti mekanisme dari Bank Indonesia," jelasnya dalam Media Briefing di Kantor Bank Indonesia KPw Provinsi Lampung, Senin (19/8/2019).

Budiharto menambahkan, peluncuran QRIS sendiri merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan pada Mei 2019 lalu.

QRIS juga diluncurkan guna mengantisipasi inovasi teknologi dan perkembangan kanal pembayaran menggunakan Quick Response (QR) Code yang berpotensi menimbulkan fragmentasi baru di industri sistem pembayaran.

Bank Indonesia Lampung Gelar Festival Lampung Syariah (FLASH) 2019 di MBK, 29 Juli - 1 Agustus 2019

Lebih lanjut Budi mengatakan, untuk mewujudkan visi sistem pembayaran Indonesia 2025, diperlukan dukungan inovasi bagi pengembangan ekonomi dan keuangan digital.

Halaman
12
Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved