Perjalanan ke Tiongkok

Jika Indonesia Ingin Bangun Jembatan Selat Sunda, Tiongkok Siap Bantu dan Dukung

Satu hasil pembangunan yang menjadi perhatian adalah Jembatan Donghai di Shanghai, yang pernah menjadi jembatan terpanjang di dunia.

Jika Indonesia Ingin Bangun Jembatan Selat Sunda, Tiongkok Siap Bantu dan Dukung
Istimewa
Rombongan pemred dari Lampung foto bersama dengan Wakil Konjen Tiongkok di Medan, Wang Jun (tengah), saat silaturahmi di Hotel Aston City Hall, Medan, Minggu (18/8/2019). 

Pemerintah Tiongkok membuka tangan selebar-lebarnya untuk bekerja sama dengan negara lain, termasuk kerja sama antarprovinsi, misalnya antara Lampung dengan provinsi yang ada di Tiongkok. Bahkan, Tiongkok juga siap menanamkan investasi dalam skala besar jika memang dibutuhkan.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MEDAN - Cerita mengenai Jembatan Selat Sunda, yang sedianya menghubungkan antara Sumatera dan Jawa namun hingga kini belum terealisasi antara lain terkendala faktor dana pembangunan yang sangat besar, mendapat komentar Wakil Konjen Tiongkok di Medan, Wang Jun.

“Jika memang ada pembicaraan mengenai hal itu, dan pemerintah Indonesia berkeinginan membangun jembatan tersebut, Tiongkok siap membantu dan mendukung,” kata Wang Jun saat ngobrol ringan dengan rombongan pemred dari Lampung di restoran Hotel Aston City Hall, Kota Medan, Minggu (18/8/2019).

Rombongan pemred baru saja melakukan kunjungan ke Tiongkok selama 7 hari atas undangan Konjen Tiongkok dan di-support oleh PSMTI Lampung dan Han Yuan Chinese Learning Center.

Mereka mendatangi kota-kota seperti Beijing, Taiyuan, Qixian, Pingyao, hingga ke Shangai.

Seusai kunjungan, rombongan terbang dari Shanghai ke Hongkong, dan selanjutnya terbang ke Medan.

Dalam perjalanan di Tiongkok, satu di antara hasil pembangunan yang menjadi perhatian adalah Jembatan Donghai di Shanghai, yang pernah menjadi jembatan terpanjang di dunia yang dibangun di atas laut.

Melihat Jembatan Selat Sunda di Shanghai

Wakil Konjen Tiongkok di Medan, Wang Jun, bersama Pemred Tribun Lampung Andi Asmadi, seusai ngobrol ringan di Hotel Aston City Hall, Medan, Minggu (18/8/2019).
Wakil Konjen Tiongkok di Medan, Wang Jun, bersama Pemred Tribun Lampung Andi Asmadi, seusai ngobrol ringan di Hotel Aston City Hall, Medan, Minggu (18/8/2019). (Istimewa)

Jembatan sepanjang 32,5 meter itu selesai dibangun dalam waktu tiga tahun dengan anggaran hanya sekitar Rp 11,4 triliun.

Sedangkan di Indonesia, Jembatan Selat Sunda sepanjang 31 kilometer pernah direncanakan untuk dibangun namun tidak terealisasi antara lain karena biaya Rp 225 triliun dinilai terlalu tinggi untuk kondisi saat ini.

Wakil Konjen Wang Jun mengatakan, Lampung merupakan provinsi yang sangat penting bagi Tiongkok.

Halaman
123
Penulis: Andi Asmadi
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved