UM Metro

UPI UM Metro Adakan Workshop Intelectual Property Right

Wakil rektor bidang akademik sekaligus yang membawahi Unit Publikasi Ilmiah (UPI) UM Metro secara resmi membuka Workshop Intelektual Property Right

UPI UM Metro Adakan Workshop Intelectual Property Right
Ist
UPI UM Metro Adakan Workshop Intelectual Property Right 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, UM Metro – Dr. Agus Sujarwanta sebagai wakil rektor bidang akademik sekaligus yang membawahi Unit Publikasi Ilmiah (UPI) UM Metro secara resmi membuka Workshop Intelektual Property Right atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI), di aula Gd. Humas dan Internasional, kampus setempat, Senin (19/08/2019).

UPI UM Metro Adakan Workshop Intelectual Property Right
UPI UM Metro Adakan Workshop Intelectual Property Right (Ist)

Sebelumnya, Dr. Agus juga menyampaikan permohonan maaf dari rektor UM Metro yang berhalangan hadir karena harus menghadiri rapat komite di salah satu sekolah menengah di Kota Metro.

Terkhusus menyikapi Workshop HKI, ia menghimbau supaya peserta workshop yang terdiri dari dosen UM Metro dan beberapa dari perguruan tinggi di Lampung, yang berperan sebagai peneliti harus memetik pelajaran dari workshop yang akan di isi oleh DIK Institut Pertanian Bogor, Divisi Pengelolaan dan Komersialisasi Inovasi.

“Workshop Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang akan di isi oleh Muhammad Hendra Wibowo dari IPB ini harus dipahami oleh setiap dosen, apalagi dosen bisa dimaknai sebagai guru sekaligus ilmuwan. Berkenaan dengan ilmuwan, dosen harus menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi atau kalau di UM Metro dikenal dengan istilah Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Penelitian, Pengabdian pada masyarakat, Penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang bersumber pada al-Qur’an dan As Sunah,” terangnya.

Masih menurut Warek Bidang Akademik, “Oleh karena punya kewajiban melakukan penelitian dan pengabdian maka harus memiliki produk yang berguna untuk kehidupan manusia.”

Sedangkan HKI secara garis besar menurutnya dibagi dua, pertama Hak Cipta, ini tradisi yang berkembang pesat, banyak bapak atau ibu dosen UM Metro yang membuat risetnya menjadi buku, mungkin sudah ada di atas 50 Hak Cipta di UM Metro. Kedua, Hak Kekayaan Industri, yang meliputi paten, merk produksi dan rahasia dagang.

Terakhir Dr. Agus Sujarwanta menerangkan bahwa workshop HKI akan mengajak peserta mengarah ke cara mendapatkan Hak Paten untuk karya-karya penelitiannya, sehingga ke depan hasil risetnya bisa dikomersialkan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Unit Publikasi Ilmiah (UPI) UM Metro, Eko Susanto menyatakan hal senada. Menurutnya workshop kali ini bertujuan untuk mengoptimalisasi dan memberikan stimulus bagi dosen supaya mampu mengembangkan riset dan memiliki Hak Paten.

"Workshop ini bertujuan untuk Mengoptimalisasikan dan memberikan stimulus bagi dosen-dosen, Membantu pencatatan dan komersialisasi  hasil risetnya atau membantu produk-produknya mendapatkan Hak Paten," ujarnya.

Sebagai penyelenggara ia juga menjelaskan bahwa workshop ini akan dibimbing oleh Muhammad Hendra Wibowo, dari DIK Institut Pertanian Bogor, Divisi Pengelolaan dan Komersialisasi Inovasi, Muhammad Hendra Wibowo. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved