UM Metro

Lembaga Penjamin Mutu UM Metro Sosialisasikan AIPS 4.0

Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah Metro beserta tim sosialisasikan pengisian Instrumen Akreditasi Program Studi (AIPS 4.0)

Lembaga Penjamin Mutu UM Metro Sosialisasikan AIPS 4.0
Ist
Lembaga Penjamin Mutu UM Metro Sosialisasikan AIPS 4.0 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah Metro beserta tim sosialisasikan pengisian Instrumen Akreditasi Program Studi (AIPS 4.0), di aula Gedung Humas dan Internasional, kampus setempat, Selasa (20/08/2019).

Dr. Nyoto Suseno, selaku ketua LPM menjelaskan, sosialisasi dan workshop mengenai instrumen akreditasi kali ini dirasa penting diikuti oleh semua pimpinan fakultas dan program studi karena terdapat perbedaan pengisian instrumen akreditasi dari sebelumnya.

“Ada perubahan pengisian instrumen akreditasi yang ternyata mengubah juga kebijakan, sehingga penting diikuti oleh setiap pimpinan fakultas dan program studi,” ujarnya saat memberikan sambutan di depan puluhan peserta sosialisasi dan workshop tersebut.

Lebih jauh, ia juga menyampaikan beberapa dimensi penilaian dan pengukuran instrumen akreditasi 4.0.  Sebagaimana tertuang dalam Peraturan BAN-PT No. 2/2017 dan sekaligus menunjukkan perbedaan penyusunan dokumen akreditasi program studi 3.0 dengan 4.0 kepada peserta workshop.

“Penilaian dan instrumen akreditasi 4.0 diukur dari dimensi mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola, meliputi integritas visi dan misi, kepemimpinan (leadership), sistem manajemen sumber daya, kemitraan strategis (strategic partnership), dan SPMI.  Mutu dan produktivitas luar (outputs), capaian (outcomes), dan dampak (impacts): berupa kualitas lulusan, produk ilmiah dan inovasi, serta kemanfaatan bagi masyarakat,” terangnya.

Lanjut Dr. Nyoto “Dimensi ukur lainnya ialah mutu proses: mencakup proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan suasana akademik. Kinerja mutu input: meliputi sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan), mahasiswa, kurikulum, sarana prasarana, keuangan (pembiayaan dan pendanaan).”

Sementara diketahui, narasumber yang mengisi sosialisasi dan workshop pengisian instrumen akreditasi program studi tidak hanya disampaikan oleh Dr. Nyoto. Dari jadwal kegiatan yang disampaikan oleh panitia, terdapat enam narasumber lainnya seperti Febriyanto, Agil Lepiyanto, Dr. Dwi Rahmawati., Heri Cahyono, Dr. Rahmad Bustanul Anwar, dan Riswanto. (*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved