Tribun Metro

BNN: Penyalahgunaan Narkoba di Lampung Peringkat 8 Nasional

Kepala BNN Kota Metro Saut Siahaan menjelaskan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan salah satu masalah serius di Indonesia.

BNN: Penyalahgunaan Narkoba di Lampung Peringkat 8 Nasional
Tribun Lampung/Indra
Sosialisasi P4GN yang diadakan BNN Metro di Barokah Meeting Point, Rabu(21/8/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Metro mengumpulkan pelajar di Barokah Meeting Point dalam sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Rabu(21/8/2019).

Kepala BNN Kota Metro Saut Siahaan menjelaskan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan salah satu masalah serius di Indonesia.

Bahkan presiden pada awal tahun 2015 telah menetapkan Indonesia dalam keadaan darurat narkoba.

"Pernyataan itu menegaskan semua komponen bangsa harus bersiaga secara terus-menerus terkait ancaman dan bahaya narkoba di mana pun. Kondisi darurat ini berdasarkan data dan fakta yang semakin mengkhawatirkan dan memerlukan penanganan secara serius dan komperhensif dari seluruh komponen," ujarnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data hasil survei BNN RI dan Puslitkes UI Tahun 2017, Provinsi Lampung berada di peringkat kedelapan nasional dan peringkat ketiga di Pulau Sumatera terkait tingginya angka prevalensi penyalahgunaan narkoba.

"Nah, pembangunan berwawasan antinarkoba pada suatu instansi atau lembaga adalah program yang menjamin adanya kebijakan, kegiatan dan anggaran pada institusi atau lembaga yang berorientasi pada upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba," bebernya.

Kepala BNN Kota Metro Saut Siahaan di sela Sosialisasi P4GN di Barokah Meeting Point, Rabu(21/8/2019).
Kepala BNN Kota Metro Saut Siahaan di sela Sosialisasi P4GN di Barokah Meeting Point, Rabu(21/8/2019). (Tribun Lampung/Indra)

Pendekatan advokasi merupakan upaya untuk memengaruhi para pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya agar memberikan dukungan dan berperan aktif dalam program P4GN sesuai dengan kewenangan di lingkungan setempat.

1 Wanita Pengedar Narkoba dan 1 Remaja Diringkus Jajaran Polres Lampung Utara

Identitas PNS Kejari Tanggamus yang Ditangkap karena Narkoba

Saut menyebut, pada institusi pendidikan seperti SMAN 4 Metro dan Stiper Dharmawacana Metro difokuskan pada pendidikan baik formal maupun nonformal yang memiliki kemampuan akademis dan sosial dan mampu berkontribusi dalam upaya P4GN lingkungan kampus dan sekolah.

Sedangkan pada kelompok masyarakat seperti ormas karang taruna diharapkan mampu memberi dampak positif bagi pemahaman dan perilaku anti penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta mampu berkontribusi dalam upaya P4GN di lingkungan masyarakat.

Sementara Kasi P2M BNN Kota Metro Ari Kurniawan mengharapkan kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan antinarkoba tersebut dapat didukung stakeholder lembaga pendidikan dan organisasi kemasyarakatan terhadap isu pencegahan penyalahgunaan narkoba pada lingkungan masing-masing.

BNN menargetkan empat harapan dapat terealisasikan.

Pertama adalah pembuatan kebijakan atau regulasi.

Kedua, melaksanakan kegiatan dalam upaya P4GN.

Selanjutnya, membentuk satuan tugas antinarkoba dalam lingkup organisasinya.

Terakhir, penyebarluasan informasi P4GN melalui media spanduk atau banner di lingkungan sekolah maupun kampus serta tempat tinggal masyarakat. (Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved