Cerita Aulia Putri, Pelajar SMA Peraih Medali Perak Kejuaraan Catur di Malaysia

Kerja keras berbuah manis. Inilah yang dirasakan Aulia Putri Nabila, atlet catur asal Lampung yang meraih prestasi pada ajang internasional.

Cerita Aulia Putri, Pelajar SMA Peraih Medali Perak Kejuaraan Catur di Malaysia
Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
SABET PERAK -¬†Aulia Putri Nabila (dua dari kiri), atlet catur asal Lampung, menyabet medali perak pada kejuaraan Malaysian Chess Festival, 15 Agustus 2019. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kerja keras berbuah manis. Inilah yang dirasakan Aulia Putri Nabila, atlet catur asal Lampung yang meraih prestasi pada ajang internasional, 15 Agustus 2019.

Siswi kelas X IPA 5 SMA Negeri 1 Bandar Lampung ini menyabet medali perak pada kejuaraan Malaysian Chess Festival. Bagaimana perjuangannya?

Persiapan selama tiga bulan dilakoni Aulia sebelum mengikuti kejuaraan tersebut. Ia berlatih di Sekolah Catur Lampung serta di rumahnya. Setiap hari, mulai pagi pukul 09.00 hingga petang pukul 17.00 WIB.

"Latihan enam sampai delapan jam setiap hari. Pas sebulan menjelang lomba, dapat dispensasi (kelonggaran) dari pihak sekolah," kata Aulia saat dijumpai di sekolahnya, Rabu (21/8/2019).

"Di sekolah catur, dilatih sama Master Hendri Gere. Latihan juga di rumah. Kadang Pak Hendri ke rumah," sambungnya.

Selama latihan, Aulia mempertajam teknik bermain catur.

"Opening-nya, middle game, dan ending-nya," ucap putri pasangan Idris Suwardi dan Intarti ini.

Trik khusus saat awal permainan dipilihkan yang benar-benar cocok untuk Aulia. Berlanjut hingga teknik akhir permainan untuk menyudahi permainan lawan.

"Jumlah teknik yang diajarkan sudah nggak terhitung," ujar juara pertama Kejuaraan Catur Cabang Bandar Lampung 2017 itu.

Awal mula Aulia mengikuti kejuaraan Malaysian Chess Festival berkat undangan dari Sekolah Catur Utut Adianto yang tertuju ke Sekolah Catur Lampung. Ia langsung terpilih tanpa seleksi karena pernah menyabet juara kedua di Kejuaraan Catur Nasional.

Halaman
1234
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved