Peringkat Melorot dari 21 ke 46, Rektor Ajak Sivitas Akademika Selamatkan Unila

Rektor Universitas Lampung Prof Hasriadi Mat Akin mengajak seluruh sivitas akademika, terutama para dosen, menyelamatkan Unila.

Peringkat Melorot dari 21 ke 46, Rektor Ajak Sivitas Akademika Selamatkan Unila
Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra
Bundaran Kampus Universitas Lampung 

TRIBUNLAMPUNG, BANDAR LAMPUNG - Rektor Universitas Lampung Prof Hasriadi Mat Akin mengajak seluruh sivitas akademika, terutama para dosen, menyelamatkan Unila. Ini terkait melorotnya posisi Unila berdasarkan pemeringkatan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Merujuk hasil pemeringkatan Kemenristek Dikti terhadap kampus-kampus se-Indonesia, posisi Unila pada 2019 ini turun drastis menjadi peringkat 46. Sebelumnya, pada pemeringkatan 2018, Unila berada pada peringkat 21.

Dua tahun sebelumnya, 2016 dan 2017, Unila bahkan masuk 20 besar, yakni pada peringkat 18. Peringkat tersebut kemudian naik dari 2015, di mana Unila ketika itu berada pada posisi 22.

Rektor Unila Prof Hasriadi menyebut adanya perubahan kriteria penilaian terhadap kampus-kampus se-Indonesia.

"Sekarang ada perubahan kriteria penilaian, dan kita harus menaati itu," katanya melalui ponsel, Minggu (18/8/2019).

Satu perubahan kriteria penilaian tersebut, ungkap Hasriadi, saat ini ada penilaian kinerja dosen. Kinerja itu di antaranya terkait jumlah karya ilmiah dosen.

"Sebelumnya, penilaian terhadap kampus-kampus hanya diakumulasi. Tapi sekarang ada penilaian kinerja dosen," jelas Hasriadi.

"Sebenarnya kalau nilai diakumulasi, kita (Unila) bisa saja peringkat 17. Tapi sekarang jumlah karya ilmiah dibagi dengan jumlah semua dosen," sambungnya.

Karena itu, ke depan, Hasriadi berharap seluruh dosen di Unila membuat dan memublikasikan karya ilmiah. Apalagi, beber dia, dana riset saat ini berjumlah Rp 25 miliar.

"Dana riset tahun sebelumnya hanya Rp 1 miliar. Sekarang, jadi Rp 25 miliar, lebih besar. Maka saya berhap semua dosen terlibat dalam proyek penelitian," imbaunya.

Halaman
1234
Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved