Video Tribun Lampung

VIDEO Fenomena Mata Air Misterius Muncul di Lahan Gersang di Gunung Kidul

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, akan segera melakukan penelitian sumber air di Dusun Widoro Lor, Desa Bendung, Semin.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, akan segera melakukan penelitian sumber air di Dusun Widoro Lor, Desa Bendung, Semin, untuk mengetahui besarnya debit air bersih yang muncul sejak Senin (19/8/2019).

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan, dirinya sudah mendapatkan laporan mengenai keluarnya air bersih oleh perangkat desa sejak Senin (19/8/2019).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Sekda Gunungkidul agar dikirim tenaga yang cukup mumpuni untuk memahami fenomena ini.

Harapannya, ada tindak lanjut sehingga air bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

"Sesegera mungkin (mengirim ahli), supaya pasti bahwa ini Insya Allah keluar air yang permanen bukan sesaat," katanya saat ditemui seusai menengok bupati Gunungkidul Badingah, di rumah pribadi Bupati Gunungkidul, Rabu (21/8/2019).

"Karena kalau fenomena seperti itu tidak segera diteliti bisa saja tiba-tiba (semburan) airnya hilang, dan ke depannya akan sulit untuk mengeluarkan lagi," ucapnya.

Immawan mengatakan, fenomena ini baginya cukup disyukuri karena sumber air muncul saat belum selesai pengerjaan pengoboran.

"Segala sesuatu itu harus kita pahami juga dalam bentuk religius itu adalah karunia dari Allah, anugerah dari Allah. Tapi perlu juga pemahaman teknis dengan menelitinya," katanya.

Sebelumnya, lahan milik Suyadi mengeluarkan air saat pengeboran air bersih sedalam 60 meter pada hari Senin (19/8/2019).

Saat itu, pengeboran dilakukan pada pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB. Seluruh pekerja sedang beristirahat, tiba-tiba air keluar dari lokasi pengeboran.

Padahal, tanah di sekitar cukup tandus, sungai yang membelah lahan pertanian pun sudah kering tanpa air.

(Kompas.com)

Videografer Tribunlampung.co.id/Wahyu Iskandar

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Air Bersih Tiba-tiba Muncul dari Lahan Gersang, Pemkab Gunungkidul Kirim Ahli"

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved