Wartawan Tribun Lampung Noval Andriansyah Raih Penghargaan Saidatul Fitriah 2019

Wartawan Tribun Lampung Noval Andriansyah meraih Penghargaan Saidatul Fitriah 2019 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung.

Wartawan Tribun Lampung Noval Andriansyah Raih Penghargaan Saidatul Fitriah 2019
Istimewa
PENGHARGAAN SAIDATUL FITRIAH - Wartawan Tribun Lampung Noval Andriansyah (dua dari kiri) menerima piala Penghargaan Saidatul Fitriah 2019 dari Ketua Dewan Juri Zulkarnain Zubairi, didampingi anggota Dewan Juri Wakos Reza Gautama (kiri) dan Ketua AJI Bandar Lampung Hendry Sihaloho, Sabtu (24/8/2019) sore. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Wartawan Tribun Lampung Noval Andriansyah meraih Penghargaan Saidatul Fitriah 2019 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung.

Noval menyabet penghargaan itu atas pemberitaan berseri tentang cerita pilu tenaga kerja Indonesia asal Lampung Timur di Yordania hingga kepulangannya ke kampung halaman.

Pengumuman dan penyerahan Penghargaan Saidatul Fitriah 2019 kepada wartawan Tribun Lampung Noval Andriansyah berlangsung pada acara Puncak Hari Ulang Tahun Ke-25 AJI, Sabtu (24/8/2019). Bertempat di lantai 2 Gedung Pascasarjana Institut Bisnis dan Informatika Darmajaya, Bandar Lampung.

Ketua Dewan Juri Zulkarnain Zubairi mengungkapkan panitia menerima total 16 karya jurnalistik dari media cetak, online, hingga elektronik. Tema 16 karya jurnalistik itu mulai dari kesehatan, pendidikan, lingkungan, hingga ketenagakerjaan.

"Penilaian Dewan Juri berdasarkan lima kriteria. Meliputi dampak, kode etik, eksklusif, akurasi, dan indepth atau kedalaman data," jelas Udo Z Karzi, sapaan akrab Zulkarnain Zubairi, saat membacakan narasi hasil penilaian.

"Dari seluruh karya jurnalistik yang masuk, Dewan Juri menentukan empat nominator peraih Penghargaan Saidatul Fitriah 2019," sambungnya.

Empat nominator itu, berdasarkan urutan abjad, antara lain Andi Apriyadi dari Jejamo.com dengan liputan bertema lingkungan, Ari Suryanto dari Radar Lampung bertema pendidikan, Noval Andriansyah dari Tribun Lampung bertema ketenagakerjaan, serta Umar Robani dan Rudi Virgo dari Duajurai.co bertema lingkungan.

Dari hasil penilaian, Dewan Juri memutuskan satu nama peraih Penghargaan Saidatul Fitriah 2019, yaitu Noval Andriansyah dari Tribun Lampung.

Udo Z Karzi memaparkan Noval melakukan reportase mendalam yang tertuang dalam tiga berita di Tribun Lampung. Masing-masing edisi 30 Juli, 5 Agustus, dan 25 September 2018. Satu di antaranya berjudul "TKI Lamtim 15 Tahun Ditahan Majikan”.

"Pembaca dapat menyimak sebuah kisah kemanusiaan yang penuh drama dengan akhir yang membahagiakan. Berita ini bisa menjadi inspirasi bagi perjuangan hak-hak buruh, peningkatkan kesejahteraan warga, dan rasa kemanusiaan," jelas Udo Z Karzi.

Halaman
12
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved