Tribun Lampung Tengah

Dishub Lamteng Kembali Dapat Kepercayaan Kemenhub RI Jalankan Program e-SRUT dan BLUe

Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Tengah kembali dipercaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk menjalankan salah satu program nasional.

Dishub Lamteng Kembali Dapat Kepercayaan Kemenhub RI Jalankan Program e-SRUT dan BLUe
TribunLampung/syamsir alam
Anisya Mutiara (tiga dari kiri, belakang) akan mewakili Lampung dalam ajang pelajar pelopor Kemenhub RI, September mendatang.

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNG SUGIH - Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung Tengah kembali dipercaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk menjalankan salah satu program nasional.

Adapun program yang akan dijalankan yakni, penerapan elektronik sertifikat registrasi uji tipe kendaraan bermotor (e-SRUT) dan kartu lulus uji berkala elektronik (BLUe).

Kedua program di atas saat ini sudah dilaksanakan di 38 tempat di kabupaten/kota dan 7 provinsi di Indonesia, dan Dishub Lamteng menjadi satu-satunya yang ditunjuk di Pulau Sumatera.

Dishub Lamteng Luncurkan Program Baru Bagi Pemilik Angkutan Umum, Sediakan Pelayanan Sipelita

"Capaian ini berkat instruksi bapak bupati (Loekman Djoyosoemarto) akan peningkatan pelayanan publik, khususnya untuk kendaraan bermotor. Kita bangga atas capaian ini, dan Dishub Lamteng berhak untuk melaksanakan uji keur Smart Card dari Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub," kata Kadishub Syukur Kersana, Senin (26/8/2019).

Dengan e-SRUT dan BLUe lanjut Syukur, maka pelayanan uji keur kendaraan akan dilakukan secara elektronik.

Langkah itu akan mempermudah para pemilik kendaraan serta mempersempit adanya pemalsuan buku uji berkala yang saat ini marak di Indonesia.

Selain itu lanjutnya, dengan program online maka akan terhindar dari adanya pungutan liar serta data pemilik kendaran yang sudah melakukan uji terintegrasi ke Kemenhub dan data valid.

"Dishub sudah melakukan terobosan-terobosan dalam memberikan pelayanan (uji kendaran) kepada Masyarakat. Kito-Go (kartu uji berkala terintegritas Gotong Royong) dan Sipelita (silaturahmi pelayanan izin trayek),"ujarnya.

Terkait hal lainnya Syukur menjelaskan, perwakilan pelajar pelopor Dishub Lamteng berhasil meraih juara 2 dalam rangka lomba pelajar pelopor tingkat Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

Anisya Mutiara perwakilan dari SMAN 1 Kotagajah, menjadi terbaik kedua dari 25 peserta perwakilan dari kebupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Atas capaian tersebut, Anisya akan menjadi satu dari tiga siswa yang akan mewakili Lampung di tingkat nasional, September mendatang.

(tribunlampung.co.id/syamsir alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved