Tribun Tulangbawang Barat

Pemkab Tubaba Dapat Hibah Dua Unit Damkar dari Jepang

Satuan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) bakal mendapat hibah dua unit armada damkar dari Jepang.

Pemkab Tubaba Dapat Hibah Dua Unit Damkar dari Jepang
tribun lampung/noval andriansyah
ILUSTRASI - Bandara Radin Inten II datangkan armada damkar dari Kroasia 

Pemkab Tubaba Dapat Hibah Dua Unit Damkar dari Jepang

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Satuan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) bakal mendapat hibah dua unit armada damkar dari Jepang.

Armada Damkar dari Jepang itu biasa disebut Yamato. Kasat Polisi Pamong Praja (Pol PP) Tubaba Sujatmiko mengatakan, hibah dua unit armada damkar itu hasil pengajuan ke pemerintah pusat.

"Kita sudah mengajukan permohonan bantuan kendaraan pemadam kebakaran ke pusat, dan sudah ada tanggapan positif dari kementerian, beberapa waktu lalu saya sudah rapat di kementerian untuk membahas ini," kata Sujatmiko, Selasa (27/08).

Warga Pringsewu Berharap Tiap Kecamatan Ada Pos Damkar

Menurutnya, minimnya mobil pemadam kebakaran di Kabupaten Tubaba belakangan ini tentu menjadi perhatian berdama.

Menurutnya, saat ini kementerian sedang mengadakan MoU dengan negara Jepang terkait hibah mobil pemadam kebakaran itu.

"Jadi dari MoU tersebut bukan hanya Jepang, melainkan dengan Korea juga, tapi khusus Tubaba kita akan mendapatkan hibah bantuan dua unit mobil dari Jepang, 1 unit mobil pemadam kebakaran, dan 1 unit mobil kecilnya. Dan sekarang MoU tersebut lagi diproses, semoga saja bisa cepat terealisasi," paparnya.

BPBD Kota Bandar Lampung Tambah 5 Mobil Damkar

Terkait pos kesiagaan personel, Sujatmiko mengatakan, pihaknya juga telah mengusulkan agar dipindahkan ke tempat yang lebih layak.

Sebab sejauh ini pos kesiagaan personel Damkar Tubaba dianggap masih kurang layak.

"Jumlah anggota petugas damkar kita sebanyak 80 orang, dan setiap hari tentu selalu siaga dan ada regu masing-masing. Perlu diketahui sejak 2017 Damkar Kabupaten Tubaba itu sudah menjadi satu rumah dengan Pol PP, jadi Kepala Pol PP juga kepala dari damkar," tandasnya. (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved